Kompas.com - 28/01/2021, 15:51 WIB
Konvoi tim Persib Bandung memakai bus Bandros seusai keberhasilan Maung Bandung menjuarai Liga 1 2014 dengan kemenangan 5-3 adu penalti (2-2 waktu normal) atas Sriwijaya FC pada 7 November 2014. DOK TABLOID BOLA/HERKA YANIS PANGARIBOWOKonvoi tim Persib Bandung memakai bus Bandros seusai keberhasilan Maung Bandung menjuarai Liga 1 2014 dengan kemenangan 5-3 adu penalti (2-2 waktu normal) atas Sriwijaya FC pada 7 November 2014.

BANDUNG, KOMPAS.com - Berstatus sebagai juara Liga Indonesia I musim 1994/1995, Persib Bandung berhak mewakili Indonesia dalam kompetisi Asia bertajuk Liga Champions Asia (LCA) 1995.

Kiprah klub berjulukan Maung Bandung itu di LCA 1995 itu pun tak bisa dikatakan buruk. Meski gagal meraih gelar juara, Persib mampu melaju hingga babak perempat final.

Prestasi tersebut tercatat sebagai pencapaian tertinggi yang pernah diukir Persib dalam keikutsertaannya di kompetisi Asia.

Menyoal kiprah Persib di LCA 1995, tentunya terdapat banyak kisah menarik di dalamnya. Salah satunya, ketika tim Persib sempat dibuat panik karena jersi yang mereka daftarkan sebagai seragam tim dalam LCA 1995 tidak sesuai dengan regulasi yang diterapkan oleh AFC.

Kejadian tersebut terjadi saat Persib akan melakoni debutnya di LCA 1995 menghadapi Bangkok Banks.

Baca juga: Yudi Guntara, Legenda Persib yang Pensiun pada Usia Matang karena Cedera Lutut

Dalam pertandingan ronde pertama LCA 1995 yang menggunakan sistem gugur itu, Persib terlebih dahulu memainkan pertandingan leg pertamanya sebagai tim tamu.

Debut Maung Bandung di LCA 1995 pun dimulai di Bangkok, saat itu Bangkok Banks yang menjadi lawan Persib menjamu wakil Indonesia itu di Stadion Chulalongkorn.

Sebelum terbang ke Bangkok, Robby Darwis dkk digembleng dengan pola latihan intensif dan keras khas Indra M Thohir, yang kala itu berstatus sebagai pelatih kepala Maung Bandung.

Singkatnya, persiapan Persib untuk menghadapi Bangkok Banks sudah cukup maksimal.

Namun saat tiba di Bangkok, ada salah satu perangkat pertandingan yang luput dibawa oleh penjaga gawang Persib.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X