Kalahkan Mbappe, Marcus Rashford Jadi Pemain Paling Berharga di Dunia

Kompas.com - 07/01/2021, 23:10 WIB
Marcus Rashford berselebrasi bersama Paul Pogba usai mencetak gol pada laga lanjutan pekan ke-16 Liga Inggris 2020-2021, Manchester United vs Wolverhampton Wanderers, di Stadion Old Trafford, Selasa (29/12/2020) atau Rabu dini hari WIB. AFP/MICHAEL REGANMarcus Rashford berselebrasi bersama Paul Pogba usai mencetak gol pada laga lanjutan pekan ke-16 Liga Inggris 2020-2021, Manchester United vs Wolverhampton Wanderers, di Stadion Old Trafford, Selasa (29/12/2020) atau Rabu dini hari WIB.

KOMPAS.com - Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, menjadi pesepak bola dengan nilai tertinggi di dunia versi CIES Football Observatory.

CIES sendiri merupakan organisasi penelitian independen yang merilis nilai pasar pemain dua kali selama setahun dengan algoritma eksklusif yang mereka miliki.

Adapun algoritma tersebut memperhitungkan beberapa faktor yakni usia, performa terkini, durasi kontrak, dan kontribusi di klub dan tim nasional.

Melansir dari FourFourTwo, Kamis (7/1/2021), daftar terbaru CIES menempatkan Rashford sebagai pemain termahal paling berharga dengan nilai sebesar 165 juta euro atau sekitar Rp 2,85 triliun.

Di belakangnya, terdapat wonderkid Borussia Dortmund, Erling Haaland, dengan nilai 152 juta euro atau Rp, 2,62 triliun.

Baca juga: Rayakan Tahun Baru 2021, Marcus Rashford Kirim Pesan Menyentuh

Tempat selanjutnya diikuti oleh Trent Alexander-Arnold (151,6 juta euro) dan Bruno Fernandes (151,1 juta euro).

Kemudian, pemuncak klasemen sebelumnya, Kylian Mbappe (149,4 juta euro), mengalami penurunan nilai.

Hal ini disinyalir karena kontrak sang pemain yang hanya tersisa 18 bulan bersama Paris Saint-Germain.

Sementara itu, Rashford masih terikat kontrak di Old Trafford hingga 2023 yang menjadi salah satu faktor tingginya nilai pasar sang pemain.

Bahkan, penelitian CIES menunjukkan Manchester United dapat memperoleh pendapatan fantastis apabila mereka berniat menjual striker berusia 23 tahun itu.

Baca juga: Tembus 3 Semifinal dan Gagal Semua, Marcus Rashford Minta Man United Tebus Dosa

Sepuluh besar ranking pemain dengan nilai tertinggi dari CIES mayoritas diisi oleh talenta muda.

Di sisi lain, dua megabintang sepak bola yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang mendominasi pada tahun-tahun lalu mengalami kemerosotan sangat jauh.

Ronaldo turun di peringkat ke-131 di edisi terbaru, sedangkan Messi duduk di urutan ke-97 meski berstatus bebas transfer pada musim panas mendatang.

Marcus Rashford menjadi pemain dengan nilai termahal versi CIES Football Observatory.CIES Football Observatory Marcus Rashford menjadi pemain dengan nilai termahal versi CIES Football Observatory.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X