Termasuk Persib, Berikut 6 Klub yang Lolos Lisensi AFC 2020

Kompas.com - 20/11/2020, 19:00 WIB
Para pemain Persib Bandung melakoni sesi latihan di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (09/10/2020). Persib OfficialPara pemain Persib Bandung melakoni sesi latihan di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (09/10/2020).

KOMPAS.com - Enam klub Liga 1 Indonesia telah resmi mendapatkan lisensi dari Konfederasi Sepak Bola Asia ( AFC).

Kabar ini disampaikan langsung melalui laman resmi PSSI pada Jumat (20/11/2020).

Keenam klub yang dinyatakan mendapat lisensi AFC Club Licensing Cycle 2020 itu adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Enam klub tersebut mendapatkan lisensi setelah memenuhi semua persyaratan AFC.

Baca juga: Persib Ikut Kebijakan PSSI Terkait Lanjutan Kompetisi dan Penyesuaian Gaji

Bagi Persib Bandung, ini bukanlah hal baru. Pasalnya, klub berjulukan Maung Bandung itu selalu meraih lisensi klub profesional dari AFC sejak tahun 2015.

Setelah keenam klub Liga 1 itu telah mendapatkan lisensi AFC, PSSI berharap pada masa depan klub-klub sepak bola Tanah Air lainnya juga segera menyusul.

"PSSI ke depan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2," kata Yunus Nusi selaku Sekjen PSSI, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Kami berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola," katanya.

Baca juga: PSSI Belum Kantongi Izin Gelar Liga 1 pada Februari 2021

"Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepak bola Indonesia," tutur Yunus Nusi.

AFC Club Licensing Cycle adalah suatu proses standardisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional.

Selain itu, licensing juga jadi syarat klub untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi AFC seperti Liga Champions Asia maupun AFC Cup.

Ada lima kriteria penilaian, yakni dari sisi olahraga, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, dan finance.



Sumber PSSI,Persib
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X