Hadiah Juara Liga 2 2020 Dianggap Terlalu Kecil

Kompas.com - 09/08/2020, 18:40 WIB
Pengamat sepak bola Tommy Welly kompas.com/dani prabowoPengamat sepak bola Tommy Welly

KOMPAS.com - Pengamat sepak bola nasional, Tommy Welly, buka suara soal uang yang bakal diterima tim-tim Liga 2 2020 pada akhir musim.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, telah menetapkan hadiah bagi tim juara dan runner-up Liga 2 musim ini dalam surat bernomor 261/LIB KOM/VIII/2020 bertanggal 6 Agustus 2020.

Total, tim juara akan menerima uang sebesar Rp 1,5 miliar pada akhir musim.

Rinciannya, Rp 1 miliar berasal dari subsidi, terbagi demikian: Rp 600 juta yang didapat pada babak penyisihan grup, Rp 200 juta pada perempat final, Rp 200 juta pada semifinal. Sementara hadiah Rp 500 juta yang diberikan setelah menjadi juara.

Menurut Tommy Welly, angka hadiah setelah menjadi juara tersebut terlalu kecil.

Baca juga: RESMI: Liga 1 dan Liga 2 2020 Dilanjutkan Awal Oktober

"Soal hadiah uang nominal Rp 500 juta itu memang kecil untuk ukuran liga profesional, meskipun itu di level kedua," ujar pria yang akrab disapa Bung Towel itu kepada Kompas.com.

"Yang urgent dari poin nominal prize money yang kecil itu sebenarnya, memperlihatkan indikasi bahwa Liga 2 yang memang tidak memiliki saham di PT LIB hanya dianggap 'pelengkap penderita' saja di kancah persepakbolaan nasional saat ini," imbuhnya.

Adapun peringkat kedua Liga 2 2020 total mendapat uang sebesar Rp 1,3 miliar. Bedanya, tim runner-up berhak atas hadiah Rp 300 juta setelah partai final.

Setiap tim Liga 2 2020 minimal akan mengantongi uang subsidi sebesar Rp 600 juta yang diberikan bertahap dalam empat termin, mulai September hingga Desember 2020.

Adapun untuk babak perempat final, masing-masing tim mendapatkan Rp 200 juta yang dicicil dua termin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X