On This Day - Liverpool Juara Liga Champions, Van Dijk dan Alisson Ukir Rekor Tak Biasa

Kompas.com - 01/06/2020, 23:00 WIB
Virgil van Dijk sukses mengantarkan Liverpool juara Liga Champions 2018-2019. FRANKHOERMANN / SVEN SIMON / SVEN SIMON / DPA PICTURE-ALLIANCEVirgil van Dijk sukses mengantarkan Liverpool juara Liga Champions 2018-2019.

KOMPAS.com - Tepat satu tahun yang lalu, Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019 setelah mengalahkan rival satu negara, Tottenham Hotspur, di partai puncak.

Dua gol yang dilesakkan Mohamed Salah dan Divock Origi memastikan The Reds - julukan Liverpool - menang 2-0 atas Tottenham.

Laga puncak turnamen paling bergengsi klub-klub antar-negara di Eropa itu dihelat di Wanda Metropolitano, Madrid, 1 Juni 2019, dan disaksikan 63.272 pasang mata.

Itu merupakan gelar Liga Champions keenam Liverpool sepanjang sejarah klub.

Baca juga: Sejarah Hari Ini, FIFA Jatuhkan Sanksi untuk Indonesia

Dulu, turnamen bernama Piala Eropa lalu berganti format menjadi Liga Champions sejak musim 1992-1993.

Sementara bagi pelatih Liverpool Juergen Klopp, gelar ini merupakan yang pertama baginya sepanjang kariernya sebagai pelatih.

Kesuksesan Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019 juga diikuti prestasi individu para pemainnya.

Virgil Van Dijk misalnya, melansir dari Squawka, bek asal Belanda itu sukses mengangkat trofi "Si Kuping Besar" dengan rekor yang tak biasa.

Pada musim tersebut, tidak ada pemain lawan yang berhasil menggiring sekaligus melewati Van Dijk dalam ajang Liga Champions.

Kiper Alisson Becker lain lagi. Ia menjadi penjaga gawang pertama yang menjaga clean sheet di final Liga Champions sejak Julio Cesar pada 2010.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: Pep Guardiola Bawa Barcelona Raih Trofi Ketiga di Liga Champions

Sejak data dikumpulkan Squawka, tidak ada kiper yang melakukan penyelamatan lebih banyak (8) sekaligus mencatatkan clean sheet di partai puncak.

Sementara itu, Daniel Sturridge menjadi pemain pertama yang menjuarai Liga Champions dengan dua klub Inggris berbeda.

Selain Liverpool, Sturridge pernah menjuarai Liga Champions bersama Chelsea pada 2011-2012.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X