Kompas.com - 13/05/2020, 07:00 WIB
Pelatih Jaino Matos saat mengikuti program Lisensi Pro dari CBF, Federasi Sepak Bola Brasil. Jaino Matos mendedikasikan waktunya di Indonesia sejak 2013 untuk perkembangan pemain usia muda. DOK JAINO MATOSPelatih Jaino Matos saat mengikuti program Lisensi Pro dari CBF, Federasi Sepak Bola Brasil. Jaino Matos mendedikasikan waktunya di Indonesia sejak 2013 untuk perkembangan pemain usia muda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Jaino Matos tidak asing di telinga penikmat sepak bola Tanah Air. Kiprahnya di belantika sepak bola nasional tidak bisa dipandang sebelah mata.

Jaino Matos adalah pelatih asal Brasil yang mendedikasikan dirinya untuk pengembangan usia dini di Indonesia.

Tercatat tujuh tahun sudah dia menjembatani mimpi talenta muda Indonesia menjadi pemain profesional.

Baca juga: Alasan Arema FC Turun Langsung dalam Kegiatan Peduli Corona

Awal kiprahnya dimulai pada tahun 2012 silam, saat dia bergabung menjadi tim pelatih timnas di bawah kepelatihan Nilmaizar.

Saat itu, dia dan Nil bertanggung jawab mempersiapkan tim Garuda mentas pada Piala AFF.

Semusim setelah itu, Jaino Matos bergabung ke Persib Bandung dengan tugas khusus membangun diklat Persib.

Selain timnas dan Persib Bandung, dia juga pernah mampir ke Borneo FC dan terakhir dia menjabat sebagai manajer umum pembinaan Perseru Badak Lampung pada 2019.

“Jadi di pembinaan dan senior total 7 tahun, tetapi passion saya di pembinaan kelompok usia," kata Jaino Matos saat live Instagram bersama jurnalis senior Weshley Hutagalung, Sabtu (9/5/2020).

"Saya sudah mantapkan hati dan batin saya untuk mendedikasikan waktu, jasa, tenaga, dan yang lain untuk pembinaan," kata Matos menegaskan.

Saat ini, Jaino Matos tengah memiliki proyek besar membangun football center yang diberi nama Oceano Football Center.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X