Italia Masih 'Lockdown', Presiden AIC Heran Ada Tim Jadwalkan Latihan

Kompas.com - 21/03/2020, 16:00 WIB
Ketua Asisoasi Pesepak Bola Italia, Damiano Tommasi (kanan), saat berbicara kepada wartawan di kantor pusat Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) di Roma, Italia, membahas soal pemecatan Gian Piero Ventura sebagai pelatih timnas Italia pada 15 November 2017. FILIPPO MONTEFORTE / AFPKetua Asisoasi Pesepak Bola Italia, Damiano Tommasi (kanan), saat berbicara kepada wartawan di kantor pusat Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) di Roma, Italia, membahas soal pemecatan Gian Piero Ventura sebagai pelatih timnas Italia pada 15 November 2017.

KOMPAS.com - Presiden Asosiasi Pesepak Bola Italia (AIC), Damiano Tommasi, mengaku heran ada tim yang sudah menjadwalkan latihan rutin di tengah pandemi virus corona.

Akibat pandemi virus corona, Perdana Menteri Giuseppe Conte memberlakukan status lockdown atau karantina nasional di Italia sejak Senin (12/3/2020).

Status itu membuat seluruh kompetisi sepak bola di Italia termasuk Serie A ditunda sampai 3 April mendatang.

Melihat kondisi saat ini, Tommasi mempertanyakan keputusan tim Italia yang nekat menggelar latihan saat status lockdwon masih berlaku.

Tommasi menilai saat ini bukan waktu tepat untuk tim menggelar latihan rutin karena membahayakan kesehatan pemain.

"Saya tidak mengerti mengapa masih ada tim yang membuat pemain berlatih. Tidak masuk akal dan juga berbahaya," kata Tommasi dikutip dari situs Calciomercato.

"Di Spanyol ada puluhan pemain positif terjangkit virus corona. Sementara, di Italia mungkin tidak semua pemain melakukan tes. Penularan sekarang lebih cepat dan tidak ada pengecualian," ujar Tommasi menambahkan.

Baca juga: Kontroversi Juventus, Izinkan 3 Pemainnya Tinggalkan Italia di Tengah Masa Karantina

Lazio dan Napoli menjadi dua tim elite Serie A yang sudah menjadwalkan latihan rutin. Lazio akan kembali berlatih Senin (23/3/2020) sementara Napoli dua hari setelahnya.

Meski sudah mendapat peringatan dari AIC, Lazio dan Napoli sejauh ini masih belum membatalkan jadwal latihan.

Kebijakan Lazio dan Napoli berbeda dari AC Milan. Pada Jumat (20/3/2020), AC Milan memutuskan untuk tidak menggelar latihan serta menutup fasilitas Milanello dan Vismarra sampai 3 April 2020.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X