Kualifikasi Piala Dunia 2022 Tertunda akibat Corona, Ketum PSSI: Kemanusiaan di Atas Segalanya

Kompas.com - 05/03/2020, 18:00 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kedua kanan) bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kanan), Sekjen PSSI Ratu Tisha Desria (kiri) dan Direktur Teknik Tim Nasional Indonesia PSSI Danurwindo (kanan) meninjau seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK AMenteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kedua kanan) bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kanan), Sekjen PSSI Ratu Tisha Desria (kiri) dan Direktur Teknik Tim Nasional Indonesia PSSI Danurwindo (kanan) meninjau seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand.

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memaklumi keputusan Konfederasi Sepak Bola Asia ( AFC) yang menunda rangkaian putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Keputusan tersebut diambil sebagai bentuk antisipasi AFC terhadap isu penyebaran virus corona.

Dengan demikian, laga Indonesia vs Thailand yang dijadwalkan pada 26 Maret 2020, ditunda menjadi 8 Oktober 2020.

Adapun laga kandang timnas Indonesia kontra Uni Emirat Arab yang awalnya tanggal 31 Maret 2020 menjadi 13 Oktober 2020, dan pertandingan melawan Vietnam akan digelar pada 12 November 2020.

Baca juga: PSSI Pernah Hukum 23 Pemain yang Tolak Bela Timnas, Sanksinya Sangat Berat

Menanggapi langkah yang diambil AFC, Mochamad Iriawan mengungkapkan apresiasinya.

Meski demikian, sejatinya PSSI telah menggelar latihan guna menyambut laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Timnas kita telah melakukan persiapan pada bulan lalu. Rencananya pertengahan Maret ini pun akan berkumpul kembali," ucap Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Tapi kita sama-sama memaklumi perkembangan terakhir di dunia, yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada aktivitas persepakbolaan," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

"Bagaimana pun, kemanusiaan ada di atas segalanya,” tutur dia menambahkan.

Baca juga: Debut Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Tertunda Akibat Virus Corona

Kondisi ini turut membuat pelatih anyar timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menunda debut kompetitifnya bersama pasukan Garuda.

Dengan begitu, para pencinta sepak bola Tanah Air harus menunggu lebih lama untuk melihat hasil racikan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong sejauh ini baru melakoni satu kali uji coba bersama timnas senior.

Uji coba tersebut dilaksanakan pada Jumat (21/02/2020).

Saat itu, timnas Indonesia harus takluk dengan tim peserta Liga 1 2020, Persita Tangerang dengan skor 1-4.



Sumber PSSI
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X