Olimpiade Tokyo 2020, Presiden IOC Tak Ingin Berspekulasi

Kompas.com - 28/02/2020, 19:50 WIB
Logo Olimpiade Tokyo 2020 ShutterstockLogo Olimpiade Tokyo 2020

TOKYO, KOMPAS.com - Olimpiade Tokyo 2020 terkendala oleh maraknya persebaran virus corona di Jepang.

Laman kyodonews.net menulis, kondisi seperti itu disikapi pula oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

"IOC tetap berkomitmen agar Olimpiade Tokyo berjalan sesuai jadwal," kata Presiden IOC Thomas Bach dalam sesi wawancara dengan media.

Cincin Olimpiade ditampilkan di depan lokasi pembangunan Stadion Nasional Baru, stadion utama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, selama kesempatan media di Tokyo, Jepang, 3 Jul 2019.channelnewsasia.com/Reuters/Issei Kato Cincin Olimpiade ditampilkan di depan lokasi pembangunan Stadion Nasional Baru, stadion utama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, selama kesempatan media di Tokyo, Jepang, 3 Jul 2019.

Menjawab pertanyaan ikhwal penundaan atau penjadwalan ulang andaikata virus corona makin merebak di Jepang, Thomas Bach menjawab," Saya tak ingin berspekulasi."

"IOC berkomitmen bahwa Olimpiade Tokyo 2020 dimulai pada 24 Juli," katanya menegaskan.

Sementara itu, Menteri Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto mengatakan pemerintah Jepang punya fokus pada Olimpiade Tokyo 2020.

"Prioritas kami adalah melindungi para atlet," katanya.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Ini Komitmen Presiden IOC

Lantaran prinsip itulah, kata Hashimoto, pihaknya menjalin kerja sama erat dengan otoritas-otoritas di Jepang, WHO, dan Komite Olimpiade China.

Puluhan WNI kru kapal World Dream menaiki kapal saat akan dipindahkan ke KRI dr Soeharso yang difasilitasi TNI AL, di Selat Durian Kepulauan Riau, Rabu (26/2/2020). Sebanyak 188 awak kapal World Dream dievakuasi menggunakan KRI dr Soeharso menuju tempat observasi COVID-19 di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.ANTARA FOTO/DISPENAL/WPA/AMA Puluhan WNI kru kapal World Dream menaiki kapal saat akan dipindahkan ke KRI dr Soeharso yang difasilitasi TNI AL, di Selat Durian Kepulauan Riau, Rabu (26/2/2020). Sebanyak 188 awak kapal World Dream dievakuasi menggunakan KRI dr Soeharso menuju tempat observasi COVID-19 di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.

Asal muasal merebaknya virus corona adalah China.

"Kami juga bekerja sama dengan komite-komite Olimpiade setempat," imbuh Hashimoto.

7 perusahaan berpacu temukan obat yang dapat sembuhkan infeksi virus coronaShutterstock.com 7 perusahaan berpacu temukan obat yang dapat sembuhkan infeksi virus corona

Seiko Hashimoto menambahkan, segala persiapan menjelang Olimpiade Tokyo 2020 terus berlanjut.

"Kami berharap agar Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung sukses," pungkas Seiko Hashimoto.



Sumber Kyodo News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X