Persipura Vs PSIS, Jacksen F Tiago Fokus Benahi Mental Pemain

Kompas.com - 04/12/2019, 11:20 WIB
Pemain Persipura Jayapura Israel Wamiau (kiri) menjaga Jetta pemain senior Bhayngkara FC, Herman Dzumafo pada Pekan ke 27 Liga 1 2019 yang berakhir dengan skor 1-3 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (07/11/2019) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain Persipura Jayapura Israel Wamiau (kiri) menjaga Jetta pemain senior Bhayngkara FC, Herman Dzumafo pada Pekan ke 27 Liga 1 2019 yang berakhir dengan skor 1-3 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (07/11/2019) sore.


SIDOARJO,KOMPAS.com - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, memperbanyak porsi recovery mental anak asuhnya jelang pertandingan melawan PSIS Semarang di Stadion Gelora Delta Sidioarjo, Rabu (4/12/2019) sore.

Mental menjadi fokus utama Jacksen menyusul rentetan haril buruk yang diterima tim berjulukan Mutiara Hitam tersebut.

Performa Persipura dalam lima pekan terakhir terjun bebas. Sebab, mereka mengalami empat kekalahan dan satu hasil seri.

Terakhir, Persipura harus pulang dengan tangan hampa usai ditumbangkan Macan Kemayoran, julukan Persija Jakarta, dengan skor tipis 0-1.

Hal tersebut membuat Jacksen memberikan perhatian khusus soal kondisi mental pemain-pemainnya.

Ia melihat ada beban mental yang dirasakan Titus Bonai dan kawan-kawan yang berimbas pada performa tim.

Karena itu, pascakekalahan dari Persija, tim pelatih menciptakan atmosfer yang menyenangkan di tengah-tengah pemain.

Harapannya, pemain bisa bahagia dan menikmati pekerjaannya sehingga bisa mengangkat beban yang selama ini membuat mereka tidak fokus dalam setiap pertandingan.

“Pasca pertandingan melawan persija saya coba meringankan beban anak-anak supaya mereka tidak frustasi dengan dengan beberapa hasil negatif yang kita dapatkan. Saya arahkan fokus latihan kita ke aspek psikologis, beberapa materi latihan saya berikan lebih simpel lagi sehingga anak-anak bisa melakukannya dengan enjoy,” ucap pelatih yang karib disapa Jacko tersebut.

Mantan pelatih Barito Putra ini menegaskan situasi ini harus segera dirubah. Memang mereka dalam posisi yang aman, namun banyak peluang yang sudah mereka lewatkan untuk berada diposisi maksimal. “Karena bagaimanapun meskipun kita berada diposisi yang cukup baik, lima kegagalan itu bukan hasil yang pantas untuk didapatkan Persipura. Sehingga kami akan kembalikan mental dan kepercayaan diri anak-anak dengan program latihan yang tidak terlalu kompleks,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X