Menpora Ingin Piala Dunia U-20 2021 Tak Tergantung APBN dan APBD

Kompas.com - 07/11/2019, 19:40 WIB
Logo Piala Dunia U-20 2021 Dok. PSSILogo Piala Dunia U-20 2021
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sudah menyampaikan laporan mengenai persiapan Indonesia menjelang penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 2021 kepada Presiden Joko Widodo.

Ada beberapa hal yang disampaikan Zainudin Amali kepada Jokowi, salah satunya mendorong agar pimpinan PSSI bisa mengupayakan adanya sumber-sumber dana lain dalam bentuk sponsorship.

Tujuannya adalah agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 tidak tergantung pada APBN dan APBD.

Baca juga: PSSI Pastikan Penggunaan VAR di Piala Dunia U-20 dan Liga Indonesia

Melalui keterangan tertulis Kemenpora, Kamis (7/11/2019), tercatat ada empat hal yang dilaporkan Amali kepada Jokowi, yakni:

1. Mengundang pimpinan PSSI untuk menyampaikan laporannya secara resmi mengenai keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dan juga untuk mengetahui kesiapan PSSI.

2. Menyusun Rancangan Instruksi Presiden tentang Dukungan Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 yang diawali dengan pembahasan lintas kementerian dan lembaga terbatas dan PSSI, untuk kemudian rancangannya dikirimkan kepada Presiden Jokowi, yang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan secara komprehensif lintas kementerian atau lembaga secara lengkap dan PSSI sesuai dengan jumlah lembaga yang memperoleh penugasan.

3. Melakukan koordinasi secara intensif dengan Pimpinan PSSI terkait dengan:

a. Formulasi penyusunan materi hak dan kewajiban Indonesia yang masih harus dipenuhi oleh FIFA, khususnya terkait dengan pemenuhan standar stadion dan fasilitas-fasilitas penunjangnya.

b. Formulasi penyusunan kegiatan dan time frame bagi pencapaian target prestasi timnas Indonesia yang diharapkan berprestasi maksimal dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 mengingat Indonesia sebagai tuan rumah.

Baca juga: Jokowi Temui Presiden FIFA di Bangkok, Bahas Piala Dunia U-20 2021

4. Berdasarkan pengalaman dari kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018, kami akan mendorong pimpinan PSSI untuk:

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X