Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Risma Beri Imbauan untuk Bonek

Kompas.com - 26/10/2019, 12:30 WIB
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria (kiri) dan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (kanan) saat bertemu media seusai pertemuan tertutup di Kediaman Walikota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (10/10/2019) siang. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUSekjen PSSI, Ratu Tisha Destria (kiri) dan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (kanan) saat bertemu media seusai pertemuan tertutup di Kediaman Walikota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (10/10/2019) siang.

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, memberi imbauan kepada suporter Persebaya, bonek, terkait Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2021 mendatang.

Dengan nada serius tetapi santai Risma menyebut akan menggeledah secara tegas oknum suporter yang membawa flare.

"Nanti akan saya geledah kamu, rek," pesan Risma kepada suporter yang membawa flare ke stadion.

"Kalau masuk (stadion) saya geledah, tidak boleh membawa flare, tidak boleh membawa batu, tidak boleh membawa apa-apa," ucap Risma.

Baca juga: 5 Fakta Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Pesan itu dikeluarkan Risma berdasarkan laporan adanya flare ketika timnas U-19 Indonesia beruji tanding lawan timnas China U-19, 17 Oktober 2019 lalu.

Padahal, sebelumnya banyak suporter yang berjanji kepada Risma untuk berlaku tertib saat pertandingan berlangsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"(Bonek) tidak (menyalakan flare). Bonek kemarin janji dengan saya di medsos. 'Bu, pokoknya ibu harus berjuang, kami akan jadi anak baik, nanti akan kami buktikan saat pertandingan Indonesia lawan China', seperti itu," kata Risma.

"Mungkin anak-anak itu belum tahu," katanya.

Karena itu, Risma kembali mengimbau kepada suporter di Surabaya untuk belajar mentaati aturan yang berlaku. Hal itu bukan saja demi nama baik Surabaya, tetapi juga negara Indonesia.

Baca juga: Banyak Legenda yang Terlahir dari Piala Dunia U-20 Terakhir di Asia Tenggara

"Soalnya ini bukan nama Surabaya, tetapi ini nama negara, nama bangsa Indonesia. Jangan sampai orang luar mengira kita ini tidak mengerti aturan, kita ini seenaknya sendiri, tidak seperti itu," kata Risma.

"Kita buktikan bahwa kita penonton yang mengerti aturan, penonton yang mengerti sopan santun, penonton yang baik hati yang ramah," katanya.

Indonesia sendiri resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 lewat keputusan FIFA Council Meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019).

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, termasuk dalam 10 stadion yang diajukan PSSI kepada FIFA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.