Cerita Kuipers soal Pengalaman Pertama Merumput di Luar Belanda dan Pertemanan dengan Platje

Kompas.com - 29/09/2019, 15:41 WIB
Bek Persib Bandung, Nick Kuipers, bersiap tatap laga Persib Bandung vs Semen Padang. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHABek Persib Bandung, Nick Kuipers, bersiap tatap laga Persib Bandung vs Semen Padang.

BANDUNG, KOMPAS.com - Nick Kuipers mengaku nyaman dan kerasan tinggal di Indonesia, khususnya Kota Bandung. Bagi bek Persib Bandung tersebut, ini menjadi pengalaman pertama tinggal dan berkarier di luar negara asalnya, Belanda.

Sejak memulai karier profesional sebagai pesepak bola, Kuipers tercatat sudah membela empat kesebelasan berbeda. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya merupakan klub yang berasal dari Belanda.

Kuipers memulai karier profesionalnya bersama MVV Maastricht tahun 2010. Di klub yang juga merupakan tim pembinanya itu, Kuipers bermain selama tujuh musim hingga 2017.

Kemudian, dia bermain untuk ADO Den Haag dari 2017 hingga 2019. Pada musim 2018-19, dia sempat dipinjamkan ke FC Emmen, sebelum akhirnya kembali ke ADO.

Baca juga: Persib Bandung Vs Semen Padang, Nick Kuipers Siap Kerja Keras

Sempat bermain dalam dua laga awal Eredivisie bersama ADO pada musim 2019-20, Kuipers memilih hengkang ke Persib.

Dia datang saat jendela transfer tengah musim Liga 1 2019 dibuka.

Kuipers tidak datang sendiri. Dia datang bersama kompatriotnya, Kevin van Kippersluis, dan pemain kelahiran Swedia berdarah Filipina dan Iran, Omid Nazari.

Melihat rekam jejak kariernya, Persib bisa dibilang sebagai tim pertama di luar Belanda yang Kuipers bela.

Di Persib, Kuipers mendapatkan kontrak selama dua musim. Bila semua berjalan sesuai rencana, Kuipers akan tinggal di Indonesia, khususnya Bandung selama dua tahun.

Andai performanya memuaskan, tak menutup kemungkinan Kuipers akan tinggal lebih lama di Bandung.

Baca juga: Fabiano Beltrame Menghilang dari Persib, Robert Albert Beri Penjelasan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X