Kompas.com - 31/08/2019, 13:40 WIB

MALANG, KOMPAS.com – Pengamanan untuk laga Arema FC vs PSIS Semarang di pekan ke-17 Liga 1 2019 kembali normal.

Sebelumnya, panpel Arema mengerahkan hampir 2.000 personel saat menghadapi Persebaya Surabaya di laga kandang sebelumnya, 15 Agustus 2019 lalu.

Namun, jumlah personel keamanan yang disiagakan untuk mengawal laga Arema vs PSIS menurun drastis. 

Panpel hanya menyiapkan 732 personel untuk mengamankan laga yang akan digelar di Stadion Kanjuruan, Kabupaten Malang, Sabtu (31/8/2019) malam nanti.

“Pengamanan untuk pertandingan sejumlah 732 personel, baik dari TNI, Polri, Brimob, dan security internal Arema (match steward),” ujar Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi.

Menurutnya, jumlah personel keamanan yang disiapkan memadai untuk pertandingan melawan PSIS yang masuk kategori non bigmatch.

Selain itu, tensi pertandingan ini pun diprediksi tidak tinggi seperti saat Arema melawan Persebaya Surabaya atau Persib Bandung.

Baca juga: Arema FC Vs PSIS Semarang, Laga Pesta Akbar Dua Perayaan Sekaligus

“Namun, kami tetap menyiapkan pasukan cadangan yang sudah siap sewaktu-waktu bila diperlukan. Akan tetapi, kami optimistis aman, walaupun tidak boleh underestimated,” kata Kompol Sunardi.

Sunardi menuturkan, keputusan panpel dan pihak keamanan hanya menurunkan 732 personil sekalipun pertandingan digelar malam hari karena hubungan baik antara suporter Arema dan PSIS. Tidak ada sejarah gesekan antara kedua kelompok suporter tersebut.

Aremania dan Panser itu bersahabat, bersaudara,” tegas dia.

Sunardi mengatakan, suporter tim tamu mendapatkan jatah di tribune 1 atau memasuki gerbang nomor 1. Sementara itu, suporter tuan rumah ditempatkan di tribune 2 sampai 14.

Baca juga: Nasir Ingin Arema FC Maksimalkan Poin Penuh di Kandang Sendiri

“Nanti, di sana, kami berikan peleton pengamanan untuk membatasi antara suporter Arema dan tim tamu. Ini sebagai antisipasi jangan sampai ada pihak tertentu yang mencoba memanfaatkan hubungan baik suporter kedua tim,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.