Final Piala Indonesia, Trauma Persija dan 'Handicap' PSM Makassar

Kompas.com - 29/07/2019, 05:00 WIB
Suporter PSM Makassar memadati salah satu sudut Stadion Mattoangin, Makassar, di laga final Piala Indonesia yang tertunda, Minggu (28/7/2019). KOMPAS.com/Firzie A. IdrisSuporter PSM Makassar memadati salah satu sudut Stadion Mattoangin, Makassar, di laga final Piala Indonesia yang tertunda, Minggu (28/7/2019).

KOMPAS.com - Perwakilan PSSI mengatakan bahwa pembatalan laga kedua final kedua Piala Indonesia 2019 antara PSM Makassar vs Persija Jakarta di Stadion Mattoangin, Makassar, pada Minggu (28/7/2019) terdiri dari beberapa faktor krusial.

Hal ini disampaikan Deputi Sekjen PSSI Bidang Pengembangan Bisnis, Marshal Masita, dalam bincang-bincang bersama Kompas.com di Makassar seusai pembatalan pertandingan tersebut.

Marshall mengatakan bahwa kejadian pada Sabtu (27/7/2019) sore hari ketika bus tim dilempari oknum suporter membuat para pemain Persija Jakarta trauma.

Baca Juga: Situasi di Mattoangin Setelah Persija Menolak Tampil di Final Piala Indonesia

Bus yang ditumpangi rombongan skuat Persija dilempar dengan batu-batu sehingga membuat kaca bus tersebut pecah.

Kejadian itu bahkan membuat beberapa penumpang bus menjadi korban hingga harus mendapat perawatan dan diperban.

Pada hari laga, para pemain Persija Jakarta dikatakan traumatis sehingga tidak berada dalam mindset tepat untuk bertanding.

Padahal, Marshal mengatakan bahwa Kapolrestabes Makassar, Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo dan Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar M. Iqbal Suhaeb, sudah datang langsung ke hotel tempat Persija menginap untuk memberikan jaminan keamanan.

Baca Juga: Final Piala Indonesia PSM VS Persija Ditunda, Serupa Final Copa Libertadores 2018

Mereka meyakinkan manajemen tim kalau pertandingan PSM vs Persija akan aman karena kehadiran polisi yang normalnya hanya 200 personel untuk laga Liga 1 reguler, sudah ditambahkan menjadi 2000 orang untuk laga tersebut.

Hingga malam hari sebelum pertandingan, CEO Persija, Ferry Paulus, sudah membuat persetujuan dengan Iwan Budianto, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, bahwa laga tetap akan bergulir.

Namun, keadaan berubah saat Ferry menemui para pemain di hotel tim pada Minggu pagi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X