Kompas.com - 02/06/2019, 09:30 WIB
|

KOMPAS.com - Lionel Messi mengaku rindu dengan Barcelona era kepelatihan Josep "Pep" Guardiola.

Sejak "naik kelas" dari Barcelona B ke tim senior pada musim panas 2005 lalu, Messi sudah merasakan enam era kepelatihan.

Itu dimulai dari Frank Rijkaard (2003-2008), Pep Guardiola (2008-2012), Tito Vilanova (2012-2013), Gerarrdo "Tata" Martino (2013-2014), Luis Enrique (2014-2017), hingga Ernesto Valverde (2017-sekarang).

Baca juga: Cuma Messi atau Ronaldo yang Bisa Gantikan Hazard di Chelsea

Dari enam masa kepepimpinan, La Pulga, julukan Messi, mengaku bahwa masa kepelatihan Guardiola yang membuat dirinya merasa rindu.

"Guardiola adalah guru yang unik bagi saya. Ia adalah pelatih yang memberi peringatan Anda pada segala hal yang bakal terjadi dalam pertandingan," ucap Messi.

Kerinduan kapten tim nasional Argentina ini akan Guardiola sangat bisa dimaklumi.

Sebab, Guardiola adalah pelatih Blaugrana tersukses dalam hal menghadirkan trofi tiap musim. 

Dalam empat musim diasuh pria yang kini jadi juru taktik Manchester City itu, Barcelona memenangi 14 trofi yang dua di antaranya Liga Champions.

Bandingkan dengan pelatih pertama Barcelona, Joan Gamper, yang mempersembahkan 12 titel juara pada selang musim 1902-1917, atau pencetus tiki-taka, Johan Cruyff, yang mengantar Barcelona merengkuh 11 titel juara dalam kurun 1988-1996.

Baca juga: Lionel Messi Dapat Kritik dari Barack Obama

Selain Guardiola, sosok yang dirindukan Messi adalah duo gelandang tengah produk akademi La Masia, yakni Andres Iniesta dan Xavi Hernandez.

"Saya juga kangen dengan Xavi dan Andres Iniesta. Bersama mereka, yang saya tahu hanyalah kami bisa menang tak peduli siapa pun lawannya," kata Messi. (Ahmad Tsalis). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.