Capello Sebut Perannya dalam Perekrutan Messi oleh Barcelona

Kompas.com - 02/05/2019, 18:45 WIB
Salah satu ekspresi Fabio Capello ketika masih menangani timnas Rusia pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016, antara timnya dan Austria, di Stadion Ernst Happel, Sabtu (15/11/2014), yang berakhir 1-0 untuk tuan rumah. AFP PHOTO / CHRISTIAN BRUNASalah satu ekspresi Fabio Capello ketika masih menangani timnas Rusia pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016, antara timnya dan Austria, di Stadion Ernst Happel, Sabtu (15/11/2014), yang berakhir 1-0 untuk tuan rumah.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Pelatih asal Italia, Fabio Capello, menyebut dirinya punya peran dalam perekrutan Lionel Messi oleh Barcelona.

Bermain di tim senior sejak 2004, Messi sudah mencetak 600 gol di Barcelona. Ia juga sudah menyumbang 4 trofi Liga Champions, dan bisa bertambah jadi 5 jika berhasil menjuarainya musim ini.

Kepada Sky Sports, Capello menuturkan bahwa ketika masih melatih Juventus, timnya pernah diundang berlaga di Trofi Joan Gamper, turnamen pramusim yang rutin diadakan Barcelona.

Dalam pertandingan melawan Barcelona, Capello menyebut Messi ketika itu dimainkan. Saat itu, usia Messi masih sekitar 16 tahun.

Baca juga: 5 Fakta Aksi Lionel Messi Vs Liverpool, Keajaiban Sang GOAT

Mengetahui Messi bukan pemain di skuad utama, Capello kemudian mendatangi pelatih Barcelona ketika itu, Frank Rijkaard untuk meminta agar Messi dijual saja ke Juventus.

Saat itu, Messi belum berpaspor Spanyol. Sehingga ia masih berstatus pemain non Eropa. Sedangkan peraturan La Liga menyatakan sebuah tim hanya bisa diperkuat maksimal tiga pemain non Eropa.

"Dia (Messi) adalah orang asing keempat. (Saya bilang ke Rijkaard) berikan dia padaku, aku pertahankan dia selama setahun dan kamu akan tertawa," tutur Capello.

Saat berada di ruang pers, Capello mengaku sempat melontarkan pujian lagi soal Messi ke Rijkaard. 

Baca juga: Balotelli: Jangan Lagi Bandingkan Messi dan Ronaldo

Menurut Capello, ucapannya itu membuat Rijkaard langsung memberitahu Presiden Barcelona ketika itu, Joan Laporta untuk menahan Messi.

"Jika Capello mengatakannya, maka kita akan menahannya. Laporta yang memberitahuku," ucap Capello menirukan ucapan Rijkaard ke Laporta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X