Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juventus Catat Rekor Buruk, Allegri Salahkan Gaya Tiki-taka

Kompas.com - 20/04/2024, 11:31 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, menyebut timnya gagal menang karena mencoba menerapkan tiki-taka. Juventus tertahan 2-2 di markas Cagliari.

Laga Juventus vs Cagliari dalam pekan ke-33 Serie A Liga Italia 2023-2024 berlangsung di Sardegna Arena, pada Jumat (19/4/2024) atau Sabtu dini hari WIB. 

Juventus bangkit dari ketertinggalan 0-2 di babak pertama dan berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Dusan Vlahovic (61’) dan gol bunuh diri Alberto Dossena (87’).

Ini merupakan pertandingan tandang keenam berturut-turut di Serie A yang berakhir tanpa kemenangan bagi Juventus. Rekor jelek ini terakhir kali dialami Juve pada 2009-2010.

Menurut Allegri, skuadnya tidak mampu menerapkan pendekatan yang tepat untuk mengantisipasi serangan balik Cagliari.

Baca juga: Hasil Cagliari vs Juventus 2-2: Nyonya Tua Kebobolan Dua Gol dari Penalti

Allegri mengkritisi anak asuhnya yang mencoba bermain cantik. Pelatih asal Livorno itu lantas meminta timnya untuk belajar "mengotori tangan".

“Sederhana saja, kami membiarkan tujuh serangan balik dan terus-menerus mencoba umpan tik-tak ini kepada seseorang yang berjarak satu meter dan melakukan kesalahan,” kata Allegri dilansir dari Football Italia, menyinggung gaya tiki-taka yang coba diterapkan pasukannya.

“Mereka harus belajar untuk mengotori tangan mereka dan terjun ke dalam duel,” tutur Allegri.

Pelatih berusia 56 tahun itu menggarisbawahi performa minor Si Nyonya Besar di babak pertama.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Liga Italia: Lazio Berjaya, Juventus Seri, Inter Masih di Puncak

Carlos Alcaraz yang dicoba Allegri untuk dimainkan di lini tengah, tak memberi dampak berarti. Alcaraz kemudian ditarik keluar Allegri pada masa jeda, digantikan oleh Kenan Yildiz.

“Mengingat penampilan di babak pertama, saya seharusnya mengganti semua orang, termasuk diri saya sendiri. Saya melihat beberapa kesalahan teknis yang luar biasa,” tutur Allegri.

Dengan hasil tersebut, Juventus masih berada di urutan ketiga klasemen sementara Serie A dengan mengantongi 64 poin.

Selanjutnya, Juventus akan bersiap untuk menghadapi Lazio dalam semifinal Coppa Italia di Stadion Olimpico, Roma, pada Selasa (23/4/2024) waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com