Demi Hormati Fan Real Madrid, Gareth Bale Harus Belajar Bahasa Spanyol

Kompas.com - 16/02/2019, 09:00 WIB
Gareth Bale merayakan gol Real Madrid ke gawang Girona dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Montilivi, 26 Agustus 2018.
PAU BARRENA CAPILLA / AFP Gareth Bale merayakan gol Real Madrid ke gawang Girona dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Montilivi, 26 Agustus 2018.

KOMPAS.com - Mantan pelatih Timnas Wales dan Real Madrid, John Toshack menyarankan Gareth Bale untuk mulai belajar Bahasa Spanyol.

Kemampuan menguasai Bahasa Spanyol dinilai penting untuk menghormati fan Real Madrid.

Gareth Bale pindah ke Madrid pada 2013 silam. Meski sudah hampir enam tahun tinggal di Ibu Kota Spanyol, Bale belum bisa berbahasa Spanyol.

Baca juga: Berselebrasi Provokatif, Gareth Bale Terancam Sanksi 12 Laga

"Jika Anda pindah ke tim di luar negeri, Anda harus belajar bahasanya untuk menghormati para penggemar," kata Toshack kepada Onda Cero dikutip dari FourFourTwo, Sabtu (16/2/2019).

Selain Madrid, Toshack tercatat pernah menjadi pelatih di sejumlah klub Spanyol lainnya, dari mulai Real Sociedad, Deportivo La Coruna, hingga Real Murcia.

"Bale perlu berusaha dan jika dia melakukan itu akan membantunya. Dia adalah pemain yang benar-benar hebat, tetapi kerap dilanda cedera," ujar Toshack.

Baca juga: Marcelo Kesepian karena Gareth Bale Hanya Mau Berbicara Bahasa Inggris



Close Ads X