Southgate Akui Banyak Dapat Ilmu dari American Football

Kompas.com - 04/02/2019, 17:50 WIB
Manajer Inggris, Gareth Southgate, mengamati permainan anak asuhnya dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Lithuania pada  26 Maret 2017. 
Glyn KIRK / AFP Manajer Inggris, Gareth Southgate, mengamati permainan anak asuhnya dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Lithuania pada 26 Maret 2017.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, mengaku mendapat banyak pelajaran ketika menyaksikan pertandingan football Amerika Serikat.

Hal ini diungkapkan Southgate ketika turut menyaksikan laga Super Bowl 2019 antara New England Patriots versus Los Angeles Rams, Minggu (4/2/2019).

Untuk diketahui, Super Bowl adalah laga puncak liga American Football, NFL. Pada edisi kali ini, New England Patriots menang dengan skor 13-3.

"Kami mempelajari banyak dari olahraga ini. Kami melihat bagaimana kinerja pelatih teknik hingga bagaimana representasi tim American Football di media massa," kata Southgate dikutip dari situs web Sky Sports.

Baca juga: Super Bowl 2019 Jadi Final NFL Paling Membosankan Sepanjang Sejarah

Secara spesifik, Southgate mengaku sangat terinspirasi dengan bagaimana penempatan posisi para pemain American Football ketika situasi bola mati.

"Lihat bagaimana cara mereka bermain. Mereka sangat detail dan itu sungguh fenomenal. Mereka mempersiapkan itu lebih dari satu jam sebelum laga," kata Southgate.

"Itu sangat berbeda dengan kami. Kami hanya punya persiapan selama 15 menit sebelum bertanding," ujar mantan pelatih Middelsbrough itu.

Sebelumnya, Southgate mengakui banyak menerapkan ilmu dari American Football bersama timnas Inggris di Piala Dunia 2018 lalu.

Baca Juga : Hasil Super Bowl 2019 - Bungkam Rams, New England Patriots Juara

Saat itu, timnas Inggris menjadi perbincangan karena penempatan posisi pemain yang jarang dilakukan ketika sepak pojok.

Hasilnya, Inggris mencetak rekor Piala Dunia sebagai tim dengan torehan gol terbanyak dari situasi bola mati.

Selama turnamen, Inggris mencetak 12 gol, dengan sembilan di antaranya tercipta melalui sepak pojok, tendangan bebas, dan penalti.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X