Kebiasaan Buruk Dembele, dari Pique hingga Iniesta Angkat Bicara

Kompas.com - 13/12/2018, 11:27 WIB
Ousmane Dembele merayakan gol pada laga Barcelona vs Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Champions di Stadion Camp Nou, 11 Desember 2018. AFP/JOSEP LAGO Ousmane Dembele merayakan gol pada laga Barcelona vs Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Champions di Stadion Camp Nou, 11 Desember 2018.

BARCELONA, KOMPAS.com - Para pemain Barcelona, mulai dari Gerard Pique hingga mantan pemain, Andreas Iniesta, angkat bicara mengenai kebiasaan buruk Ousmane Dembele.

Dembele belum lama ini telat datang ke sesi latihan hingga dua jam karena ketiduran.

Sebelumnya, dia juga pernah melakukan hal serupa. Pemain asal Perancis itu bahkan pernah mangkir karena beralasan dengan sakit.

Pique menilai Dembele harus dibantu agar dapat mengubah kebiasaan buruknya itu.

"Kami harus membantunya memahami bahwa sepak bola adalah pekerjaan 24 jam yang harus Anda alami, mulai dari menit pertama hingga terakhir," kata Pique dikutip dari
Goal, Kamis (13/12/2018).

Baca juga: Dembele Telat Latihan Lagi, Valverde Kini Melunak

Ousmane Dembele saat tiba di pusat latihan timnas Prancis, Clairefontaine en Yvelines, 6 Juni 2017.
FRANCK FIFE / AFP Ousmane Dembele saat tiba di pusat latihan timnas Prancis, Clairefontaine en Yvelines, 6 Juni 2017.

Sementara itu, Luis Suarez yang ketika muda pernah mengalami masalah serupa juga angkat bicara. Ia menyarankan Dembele untuk mulai berajar bertanggung jawab.

"Dia harus lebih bertanggung jawab dalam beberapa hal, lihat pemain yang lebih berpengalaman yang dia miliki di sekelilingnya," ucap Suarez.

Dembele kerap dijatuhi hukuman tak diikutsertakan dalam tim setiap melakuikan tindakan indisipliner. Namun, tidak demikian dengan tindakan yang terakhir.

Baca juga: Ketiduran, Ousman Dembele Telat Datang Latihan

Pelatih Ernesto Valverde diketahui tetap menyertakannya saat matychday 6 Liga Champions melawan Tottenham Hotspur. Pada laga tersebut, Dembele mencetak satu-satunya
gol buat Barcelona.

Walau demikian, Dembele dikenakan denda 100.000 euro atau setara sekitar Rp 1,6 miliar.

Iniesta berharap mantan klubnya itu dapat menangani Dembele dengan baik. Bagi Iniesta, hukuman bagi Dembele tak boleh sampai merusak kariernya.

Baca juga: Deschamps Ultimatum Ousmane Dembele untuk Perbaiki Sikap

"Kami seharusnya tidak 'membunuh' Dembele. Kami harus 'membunuhnya' jika tidak ada pilihan lain yang tidak terjadi," kata Iniesta.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X