Catatan Pertemuan Indonesia Vs Singapura Selama Piala AFF - Kompas.com

Catatan Pertemuan Indonesia Vs Singapura Selama Piala AFF

Kompas.com - 09/11/2018, 14:09 WIB
Hasil akhir Indonesia vs Singapura 2-1, Jumat (25/11/2016), sehingga Indonesia lolos ke babal semifinal AFF Suzuki Cup 2016.AFF SUZUKI CUP 2016 Hasil akhir Indonesia vs Singapura 2-1, Jumat (25/11/2016), sehingga Indonesia lolos ke babal semifinal AFF Suzuki Cup 2016.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Timnas Indonesia dan Singapura akan kembali bertemu pada Piala AFF 2018.

Kali ini langsung terjadi di laga perdana Grup B Piala AFF 2018 yang akan dihelat di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018).

Pertemuan kali ini tercatat merupakan yang kesembilan kalinya sepanjang sejarah perhelatan Piala AFF (dulu Piala Tiger).

Dari delapan pertemuan sebelumnya, Singapura tercatat sudah empat kali menang. Sementara itu, Indonesia baru dua kali menang dan dua laga lainnya berakhir imbang.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Singapura - Menang untuk Amankan Peluang

Meski tak diuntungkan secara statistik, Indonesia bisa sedikit bernapas lega karena dua kemenangan yang diraih terjadi di dua pertemuan terakhir. Keduanya terjadi pada penyisihan grup Piala AFF 2012 dan penyisihan grup Piala AFF 2016.

Kompas.com merangkum delapan pertemuan yang pernah terjadi antara Indonesia kontra Singapura:

 

1998

Singapura 2-1 Indonesia

Pertemuan pertama kedua negara di Piala AFF terjadi saat semifinal Piala AFF (saat itu disebut Piala Tiger) 1998. Pada ajang kali ini, sempat terjadi satu insiden memalukan yang masih diingat sampai sekarang. Insiden itu adalah sepak bola gajah yang dilakukan timnas Indonesia saat laga terakhir penyisihan grup A melawan Thailand.

Saat itu, bek Indonesia, Mursyid Effendi sengaja mencetak gol bunuh diri ke gawangnya sendiri di penghujung laga. Tujuannya agar Indonesia kalah dari Thailand dan terhindar dari menjadi juara grup. Hal ini dilakukan guna menghindari tuan rumah Vietnam di semifinal.

Indonesia pada akhirnya memang kalah 2-3 dari Thailand dan lolos ke semifinal sebagai runner up.

Bertemu Singapura di Ho Chi Minh, timnas kalah 1-2. Singapura pada akhirnya keluar sebagai juara setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di final.

Baca juga: Pelatih Singapura Nilai Bima Sakti Lebih Berbahaya dari Luis Milla

 

2004

Indonesia 0-0 Singapura
Indonesia 1-3 Singapura
Singapura 2-1 Indonesia


Pada Piala AFF 2004, Indonesia dan Singapura tercatat tiga kali bertemu. Pertemuan pertama adalah pada fase grup A yang berlangsung di Vietnam. Saat itu, kedua tim bermain imbang 0-0.

Pertemuan kedua dan ketiga terjadi di babak final. Pada partai puncak yang menggunakan format kandang dan tandang, Indonesia harus dua kali mengakui keunggulan Singapura, masing-masing 1-3 di Stadion Utama Geora Bung Karno, Jakarta, dan 1-2 di Stadion Nasional Singapura.

Gelar Juara Piala AFF 2004 menjadi gelar kedua yang diraih Singapura.

Baca juga: Piala AFF, Bima Sakti Nilai Skuad Timnas Singapura Lebih Kuat

 

2007

Singapura 2-2 Indonesia

Pertemuan kelima antara Indonesia dan Singapura terjadi pada perhelatan Piala AFF ke-6 yang saat itu digelar pada Januari 2007. Saat itu, kedua tim bermain imbang 2-2 pada laga terakhir Grup B yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura.

Indonesia pada akhirnya gagal lolos dari fase grup. Sementara itu, Singapura berhasil menjadi juara sekaligus meraih gelar ketiganya sepanjang sejarah Piala AFF.

Baca juga: Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Sudah Siap Lawan Singapura

 

2008

Indonesia 0-2 Singapura

Pertemuan keenam antara Indonesia dan Singapura terjadi di laga terakhir Grup A Piala AFF 2008 di Stadion Utama GBK. Saat itu, Singapura menang 2-0.

Kedua tim sama-sama lolos ke semifinal. Namun tak ada satu pun yang berhasil ke final. Singapura kalah dari Vietnam, sedangkan Indonesia dari Thailand.

Gelar juara akhirnya direbut Vietnam yang mengalahkan Thailand dengan agregat 3-2 di final.

Baca juga: Piala AFF 2018, Andalkan Pemain Lokal, Singapura Tanpa Naturalisasi

 

2012

Indonesia 1-0 Singapura

Pertemuan ketujuh antara Indonesia dan Singapura terjadi di laga fase grup B di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia. Saat itu, Indonesia menang 1-0 lewat gol tendangan jarak jauh Andik Vermansyah.

Meski berhasil mengalahkan Singapura, Indonesia gagal lolos dari fase grup. Sementara itu, Singapura berhasil menjadi juara sekaligus mengunci gelar Piala AFF keempatnya.

Baca juga: Piala AFF 2018, Beto Bawa Sepatu Sobek ke Singapura

 

2016

Indonesia 2-1 Singapura

Indonesia dan Singapura kali terakhir bertemu dua tahun lalu, tepatnya saat laga terakhir Grup A di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.

Sempat tertinggal lewat gol Khairul Amri pada menit ke-27, Indonesia berhasil menang lewat gol Andik pada menit ke-62 dan Stefano Lilipaly pada menit ke-85.

Baca juga: Piala AFF 2018, Satu Hal yang Diwaspadai Indonesia dari Singapura

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X