Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF 2018, Vietnam Empaskan Laos di Kandangnya

Kompas.com - 09/11/2018, 07:09 WIB
Alsadad Rudi,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

VIENTIANE, KOMPAS.com - Tim nasional Vietnam mengawali kiprahnya di Piala AFF 2018 dengan hasil positif. Bertandang melawan Laos di Stadion Nasional KM16 di Vientiane, Laos, Kamis (8/11/2018), Nguyen Quang Hai Cs mengempaskan tuan rumah 3-0.

Tiga gol Vietnam masing-masing dicetak Nguyen Cong Phuong pada menit ke-11, Nguyen Anh Duc pada menit ke-45, dan Nguyen Quang Hai pada menit ke-68.

Pada laga melawan Laos, Vietnam benar-benar menguasai jalannya pertandingan. Mereka menguasai bola hingga 80 persen.

Baca juga: Piala AFF 2018 Dimulai Hari Ini

Tak cuma itu, Vietnam juga menciptakan 10 peluang dengan delapan di antaranya tepat sasaran. Jauh berbanding terbalik dengan Laos yang hanya menciptakan dua peluang dan kebetulan keduanya tepat sasaran.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, mengatakan kemenangan di laga perdana merupakan bekal yang bagus. Secara permainan, Park menyebut timnya sudah menerapkan lebih banyak alternatif dan tidak hanya terpaku di satu taktik.

“Targetnya memenangi tiga poin yang kami lakukan dan itu penting. Kami menciptakan banyak peluang, walaupun tidak semuanya menghasilkan gol," ucap Park.

Selain Laos kontra Vietnam, laga lain di Grup A juga mempertemukan Kamboja melawan Malaysia. Dalam laga yang dihelat di Stadion Nasional Olimpik Phnom Penh itu, Malaysia menang 1-0 atas tuan rumah.

Baca juga: Piala AFF, Malaysia Raih Kemenangan pada Laga Perdana

Grup A akan menghelat pertandingan kembali pada Senin (12/11/2018). Pada dua laga selanjutnya, Malaysia akan menjamu Laos di Stadion Nasional Bukit Jalil, sedangkan Kamboja bertandang ke Myanmar melawan tuan rumah di Stadion Mandalar Thiiri, Mandalay.

Sementara itu, Grup B akan memulai pertandingan pada Jumat (9/11/2018). Ada dua laga yang akan dimainkan, masing-masing Singapura melawan Indonesia di Stadion Nasional Singapura dan Timor Leste melawan Thailand di Stadion Rajamangala.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Piala AFF, Malam Ini Indonesia Vs Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com