Di Banda Aceh, Ini Salah Satu Kegiatan Kirab Pemuda - Kompas.com

Di Banda Aceh, Ini Salah Satu Kegiatan Kirab Pemuda

Kompas.com - 13/09/2018, 17:49 WIB
Peserta Kirab Pemuda 2018. Memasuki agenda kedua sejak 2017,  Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda (Kemenpora), Faisal Abdullah, melepas kegiatan ini di Sabang, Provinsi Aceh, Rabu (5/9/2018).
Kemenpora Peserta Kirab Pemuda 2018. Memasuki agenda kedua sejak 2017, Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda (Kemenpora), Faisal Abdullah, melepas kegiatan ini di Sabang, Provinsi Aceh, Rabu (5/9/2018).

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sejak pelepasan di Sabang, Provinsi Aceh, pada Rabu (5/9/2018), oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda (Kemenpora) Faisal Abdullah, Kirab Pemuda 2018 Zona I, bertandang ke Banda Aceh.

Informasi mengenai perjalanan ini seturut catatan laman kirabpemuda2018.com, menunjukkan bahwa ada salah satu kegiatan yang menjadi unggulan di Banda Aceh. Kegiatan itu adalah pemuda membaca kitab suci bagi para pemeluk agama di satu tempat secara bersamaan.  

Dalam catatan Faisal Abdullah, kegiatan ini sukses memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) pada Kirab Pemuda 2017.

“Harapannya tahun ini bisa memecah rekor Guinness Book of Record,” kata Faisal Abdullah.

Kirab Pemuda 2018 dibagi dua zona. Zona I diberangkatkan dari Sabang. Sementara, Zona II diberangkatkan dari Merauke, Provinsi Papua.

Sebanyak 90 peserta yang terdiri dari perwakilan seluruh provinsi dan 10 Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) akan mengelilingi Indonesia selama 73 hari. Kegiatan akan berakhir di Jakarta pada 13-15 November 2018.

(Baca: 3 Hal Penting dari Kirab Pemuda 2018)

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melepas peserta Kirab Pemuda 2018. Pelepasan ini ditandai dengan adanya Apel Pengukuhan dan Pelepasan, di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).Dok. Kemenpora Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melepas peserta Kirab Pemuda 2018. Pelepasan ini ditandai dengan adanya Apel Pengukuhan dan Pelepasan, di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Bersatu

Realisasi kegiatan pemuda membaca kitab suci, selanjutnya, terlaksana di Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh.

Pada kegiatan tersebut, menurut siaran pers Kemenpora yang diterima Kompas.com hari ini, kegiatan dibuka antara lain oleh Kepala Dinas Syariah Islam Kota Banda Aceh Ali Azhar, pejabat Kemenpora Khairil Adha, serta Rektor Universitas Serambi Mekkah Said Usman.

Kegiatan dihadiri oleh ratusan pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan di Kota Banda Aceh.

"Kegiatan ini positif bagi pemuda," kata Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Serambi Mekkah Rahmad Handoko.

Rudi, salah satu peserta dari Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Kota Banda Aceh mengatakan bahwa jarang sekali ada forum nasional dengan membaca Al Quran sampai khatam.

"Sungguh menyejukan hati, semoga menjadi penenang dan penyejuk bagi kita semua, meskipun suasana medsos menjelang politik presiden panas. Tapi, di sini kita bersatu untuk mengaji dan mendoakan bangsa dan negara," ungkap pemilik nama lengkap Rudi Hartono itu.

Kegiatan khataman Al Quran dipimpin oleh Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sekaligus Sekretaris PWNU Aceh Ustaz Asnawi M Amin.

Setia satu orang peserta mendapat jatah satu juz yang dibaca. Sebanyak 20 khataman terlaksanakan dalam kegiatan ini.

Kegiatan membaca Al Quran sampai khatam di Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, dalam rangka Kirab Pemuda 2018. Kemenpora Kegiatan membaca Al Quran sampai khatam di Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, dalam rangka Kirab Pemuda 2018.



Close Ads X