Kekhawatiran De Gea soal Penggunaan VAR pada Piala Dunia 2018

Kompas.com - 12/06/2018, 12:02 WIB
Kiper Manchester United, David De Gea, bertepuk tangan seusai laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions kontra Sevilla di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, pada 21 Februari 2018.
CRISTINA QUICLER/AFPKiper Manchester United, David De Gea, bertepuk tangan seusai laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions kontra Sevilla di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, pada 21 Februari 2018.

KOMPAS.com - Penggunaan sistem Video Assistant Referee (VAR) pada Piala Dunia 2018 memang masih menimbulkan pro dan kontra. Kiper utama tim nasional Spanyol, David de Gea, merasakan dua hal yang berbeda dari penggunaan sistem tersebut.

"Jika VAR digunakan dengan baik dan tak terlalu sering menghentikan laga, maka akan banyak keputusan penting yang bisa mengubah pertandingan," kata De Gea seperti dilansir BolaSport.com dari Marca.

"Hal ini tentu sangat baik untuk pertandingan sepak bola," ujar De Gea menambahkan.

(Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa)

Akan tetapi, De Gea juga tak menutup kekhawatiran yang dia rasakan dari sistem VAR ini.

"Saya khawatir jika pertandingan jadi mudah terhenti karena sistem VAR," kata De Gea.

"VAR membawa dampak positif untuk sepak bola, tetapi jangan lupa bahwa olahraga ini berjalan dengan begitu cepat," ujar kiper andalan Manchester United tersebut.

Piala Dunia 2018 akan menggunakan sistem VAR. Ini untuk kali pertama Piala Dunia memakai teknologi tersebut.

De Gea berharap, sistem VAR benar-benar menghadirkan keputusan-keputusan yang adil pada pesta sepak bola empat tahunan tersebut. (Sri Mulyati)



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X