Kompas.com - 08/01/2018, 20:05 WIB
Ferdinand Sinaga membela PSM Makassar saat melawan Barito Putera pada lanjutan TSC 2016 di Stadion Andi Mattalata, 21 Mei 2016. PT GTSFerdinand Sinaga membela PSM Makassar saat melawan Barito Putera pada lanjutan TSC 2016 di Stadion Andi Mattalata, 21 Mei 2016.
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com - Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, mengakui kesulitan mendapatkan pemain yang memiliki kemampuan seperti Ferdinand Sinaga.

Ferdinand memutuskan hengkang dari PSM untuk bergabung dengan Kelantan FA pada kompetisi 2018.

Keputusan Ferdinand ini cukup mengejutkan karena pemain berdarah Batak ini sudah tiga musim berseragam PSM.

Tim berjulukan Juku Eja tersebut menjadi satu-satunya tim yang diperkuat Ferdinand lebih dari satu musim dalam kariernya.

Baca juga : Lerby Jadi Pengganti Ferdinand di PSM?

"Kehilangan dua pemain senior (Ferdinand Sinaga-Hamka Hamzah) pada akhir-akhir persiapan memang akan lebih menyulitkan bagi kami sendiri," kata Robert.

Ia menjelaskan, pihaknya bersama manajemen PT Persaudaraan Sepak Bola Makassar (PSM) yang menaungi tim Juku Eja akan terus berupaya untuk mendaratkan para pemain senior yang dinilai mampu mengangkat penampilan tim di kompetisi Liga 1 musim ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya kira bukan hanya fokus mencari pemain senior, melainkan juga berupaya mendapatkan pemain yang bisa menggantikan posisi pemain yunior yang juga hengkang," ujarnya.

CEO PT PSM, Munafri Arifuddin, mengakui pihaknya masih fokus mencari sosok yang dianggap bisa mengisi posisi yang ditinggalkan mantan pemain Persib Bandung tersebut.

Baca juga : Hamka Hamzah Tinggalkan PSM Makassar

Dia juga mengatakan, untuk sekarang ini, khususnya di Indonesia, tentu akan lebih sulit mendapatkan pemain yang memiliki kemampuan seimbang. Sebab, setiap klub peserta Liga 1 sudah bergerak dan mengamankan untuk memperkuat lini serang mereka.

"Saya katakan jika saat ini sulit mencari sosok penggantinya di PSM. Namun, jika tetap ingin keluar, tentu saya tidak bisa melarang. Silakan jalan dan mengembangkan karier supaya bisa pula mencicipi kompetisi di luar negeri," ujarnya.

"Kami tentunya akan mencari pemain yang memiliki kemampuan. Semoga pemain itu sudah bisa kami dapatkan dan bisa bergabung di pemusatan latihan di Bali pada 5-15 Januari 2018," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.