Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petr Cech Menilai Courtois Gugup Berhadapan dengannya saat Adu Penalti

Kompas.com - 07/08/2017, 12:29 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech, memberikan bocoran soal kegagalan kiper Chelsea, Thibaut Courtois, mengeksekusi penalti saat melakoni Community Shield di Stadion Wembley, Minggu (6/8/2017). Sepakan Courtois saat drama adu penalti melambung di atas mistar gawang Arsenal.

Pemenang duel dua tim London harus ditentukan lewat adu penalti setelah skor imbang 1-1 selama 90 menit. Dalam drama tersebut, Arsenal menjadi pemenang dengan skor 4-1.

Dalam daftar eksekutor, manajer Chelsea Antonio Conte memasukkan nama Courtois sebagai penendang kedua. Tetapi kiper internasional Belgia ini tak bisa menjalankan tugasnya dengan sempurna karena sepakannya melambung.

Baca Juga: Morata Gagal Penalti, Arsenal Raih Gelar Community Shield

Usai pertandingan, Conte mengatakan bahwa Courtois termasuk salah satu pengambil penalti terbaik di timnya saat latihan. Tetapi mantan pelatih Juventus ini mungkin tidak sadar bahwa dalam adu penalti ini, Courtois menghadapi Petr Cech yang merupakan mantan kiper utama Chelsea dan bekas rekan setimnya.

Cech pun mengungkapkan teori mengapa Courtois gagal menjalankan tugasnya. Dia mengaku sudah sangat mengenal cara Courtois melakukan eksekusi karena saat masih di Chelsea, mereka sering berlatih tendangan penalti.

Baca Juga: Arsenal Terancam "Kutukan" Juara Community Shield

"Ini mungkin yang membuatnya gagal. Biasanya dia menembak ke pojok atas sisi lain dari langkahnya. Mungkin kenyataan bahwa saya mengenalnya membuat hal ini lebih sulit bagi Courtois," ujar Cech seperti dikutip BolaSport.com dari Metro.co.uk.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, menambahkan bahwa menunjuk kiper sebagai algojo saat babak adu penalti adalah keputusan berisiko. Menurut Wenger, jika eksekusi sang kiper berhasil maka mentalnya akan naik tetapi bila sebaliknya, mental si eksekutor akan turun dan mempengaruhi tugasnya dalam menghalau penalti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com