Kompas.com - 18/04/2017, 18:02 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

BANDUNG, KOMPAS.com - Dua bintang Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole, menjalani pemeriksaan di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/4/2017).

Pemeriksaan menyangkut kartu izin tinggal terbatas (Kitas) yang belum dimiliki oleh kedua eks pemain Chelsea itu.

Meski belum memiliki Kitas, Essien dan Cole tetap menjalani debut bersama Persib saat bermain imbang 0-0 dengan Arema FC pada partai Liga 1, Sabtu (15/4/2017).

"Essien dan Cole bermain saat melawan Arema didasarkan surat dari PT Liga Indonesia Baru No. 053/LIB/IV/2017 tanggal 15 April 2017 perihal status perizinan pemain asing Liga 1 2017 yang ditandatangani oleh Berliton Siahaan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Maulia Purnamawati.

Kealpaan terkait Kitas ternyata tidak lepas dari ketidaktahuan dari Essien dan Cole. Mereka kurang memahami bagaimana cara mengajukannya.

"Pada pokoknya yang bersangkutan tidak mengetahui proses perizinan yang dilakukan oleh penjamin yaitu PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB)," ujar Maulia.

Baca: Ada "Jose Mourinho" bersama Luis Milla

Lantas, apakah PT PBB selaku penjamin tidak membantu pemain bintangnya untuk mengurus permohonan Kitas?

Berdasarkan informasi yang diterima Maulia, PT PBB bukan tidak memiliki inisiatif mengajukan Kitas. Namun, mereka masih menunggu surat izin mempekerjakan tenaga asing (IMTA) dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

IMTA merupakan salah satu syarat yang diperlukan untuk mengajukan permohonan Kitas untuk Essien dan Cole.

"Kami masih menunggu PT PBB mengurus segala perizinan terkait yang diperlukan sebagai dasar penerbitan KITAS," kata dia.

Lihat juga: Galeri Foto "Mourinho"-nya Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.