Kompas.com - 14/03/2017, 19:02 WIB
Gelandang asal Ghana, Michael Essien, mengenakan nomor punggung lima di Persib Bandung. Dia pernah mengenakan nomor punggung yang sama saat memperkuat Chelsea. Dok. PersibGelandang asal Ghana, Michael Essien, mengenakan nomor punggung lima di Persib Bandung. Dia pernah mengenakan nomor punggung yang sama saat memperkuat Chelsea.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com - Persib Bandung resmi mendapatkan Michael Essien pada Selasa (14/3/2017). Pemain yang pernah memperkuat Chelsea tersebut akan memperkuat Persib selama satu musim.

Bersama Maung Bandung, julukan Persib, Essien akan mengenakan nomor punggung lima. Bisa dikatakan angka lima menjadi nomor keramat bagi pemain asal Ghana tersebut.

Betapa tidak, pemain kelahiran Accra pada 3 Desember 1982 tersebut merasakan kejayaan di tanah Eropa dengan mengenakan nomor kostum lima bersama Chelsea.

Di klub berjulukan The Blues, dia meraih gelar Premier League pada musim pertamanya. Empat tahun berselang, gelar kedua dirasakan bersama pelatih Carlo Ancelotti.

Empat trofi Piala FA, satu gelar Piala Liga, satu Community Shield, dan Liga Champions merupakan gelar lain yang diraih Essien bersama Chelsea.

Twitter @persib Michael Essien menampilkan nomor kostum Persib Bandung nomor 5 miliknya di Graha Persib, Bandung, Selasa (14/3/2017).

Nomor punggung lima tidak hanya dikenakan Essien di Chelsea. Dia juga memakai nomor yang sama di tim nasional Ghana saat Piala Dunia 2014 Brasil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awalnya, Essien mengenakan nomor punggung delapan yang dikenakannya sejak 2004. Ada hal menarik dari perubahan nomor kostum dia. 

Salah seorang anggota Komite Eksekutif Federasi Sepak Bola Ghana, Wilfred Osei 'Parma' mengaku yakin perubahan nomor punggung yang dilakukan Essien untuk menghindarkannya dari cedera.

"Saat Essien berada di St. Agustine College (setingkat SMA) nomor favoritnya adalah nomor 5 yang memberikan dia kesuksesan di level tersebut," ucap dia. 

Selain alasan cedera, Parma menilai Essien tidak berada dalam performa terbaiknya bersama tim nasional sejak mengenakan nomor punggung delapan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X