Kompas.com - 13/03/2017, 17:56 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan pemain Chelsea, Michael Essien, dikabarkan bakal bergabung dengan Persib Bandung dalam waktu dekat.

Kabar tersebut menguat karena gelandang asal Ghana tersebut karena sedang berada di Jakarta sejak akhir pekan lalu. Hal ini terlihat dari sejumlah unggahan di Instagram. 

Saat ini, Essien memang sedang menganggur seusai memperkuat salah satu klub Yunani, Panathinaikos, pada musim 2015-2016.

Jika benar bergabung dengan Persib, Essien bakal menjadi pemain dengan nilai jual termahal.

Nilai pasar dia dua kali lebih besar daripada striker Sergio van Dijk. Perbandingan tersebut berdasarkan market value kedua pemain sebagaimana dicatat Transfermarkt.

Nilai pasar Essien saat ini adalah 800.000 euro atau sekitar Rp 11,3 miliar. Nilai gelandang berusia 34 tahun berselisih 450.000 euro dari Van Dijk. 

Nilai pasar pemain naturalisasi asal Belanda tersebut adalah 350.000 euro atau sekitar Rp 4,9 miliar.

Wajar nilai pasar Essien bisa mahal. Hal tersebut tidak terlepas dari pengalamannya di level Eropa. Dia tercatat pernah memperkuat Bastia, Lyon, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, dan terakhir Panathinaikos.

Namun Si Bison, julukan Essien, mencapai puncak ketenaran saat berseragam Chelsea pada 2005-2014. Dia sukses meraih trofi Premier League, Piala FA, bahkan Liga Champions bersama Chelsea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.