Napoli Pesta Gol di Bologna, Hamsik dan Mertens Bikin "Hat-trick"

Kompas.com - 05/02/2017, 06:00 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE

BOLOGNA, KOMPAS.com - Napoli pesta gol ketika menyambangi Stadio Renato Dell'Ara, markas Bologna, pada pekan ke-23 Serie A, Sabtu (4/2/2017). Klub biru langit tersebut menggelontorkan tujuh gol dan hanya kemasukan satu. Marek Hamsik dan Dries Mertens membuat hat-trick ditambah satu gol Lorenzo Insigne untuk menyempurnakan laga penuh drama itu.

Ya, terbilang drama karena bukan hanya tercipta delapan gol, tetapi duel ini pun diwarnai dua kartu merah, masing-masing diberikan kepada Adam Masina (Bologna) serta Jose Maria Callejon (Napoli). Selain itu, ada satu tendangan penalti Bologna yang gagal dieksekusi Mattia Destro.

Tambahan tiga poin ini membuat Napoli memangkas jarak dengan sang pemuncak klasemen, Juventus, yang mengumpulkan total 51 poin. Napoli tertinggal tiga angka, tetapi Juventus baru bermain 21 kali.

Namun posisi Napoli belum aman karena mereka masih bisa turun ke urutan ketiga seandainya AS Roma berhasil mengalahkan tamunya, Fiorentina, pada Selasa (7/2). Jarak dengan Juventus pun bisa melebar lagi jika Si Nyonya Besar meraih poin saat menjamu Inter Milan, Minggu (5/2).

Napoli sudah memimpin 2-0 saat pertandingan baru berusia enam menit. Adalah Hamsik dan Insigne yang membobol gawang Antonio Mirante pada menit ke-4 dan 6.

Pada menit ke-26, tuan rumah memiliki kesempatan untuk membuat gol balasan ketika wasit memberikan hukuman penalti akibat Callejon melakukan hand-ball di dalam kotak terlarang. Sayang, eksekusi Destro bisa digagalkan penjaga gawang Napoli, Pepe Reina.

Tak lebih dari semenit setelah gol itu, Napoli harus bermain dengan 10 orang akibat kartu merah yang diterima Callejon. Pemain asal Spanyol ini diusir karena aksi kotor terhadap Adam Masina.

Hanya berselang enam menit, giliran Masina yang diusir ke luar lapangan pertandingan. Kali ini pemain tersebut melanggar dengan keras Mertens, sehingga wasit langsung mencabut kartu merah.

Bermain dengan kekuatan yang seimbang, Napoli kembali menambah gol pada menit ke-33, melalui gol Mertens. Striker asal Belgia tersebut dengan sempurna mengeksekusi tendangan bebas.

Tiga menit berselang, Bologna bisa mencetak gol balasan melalui sundulan Vasilios Torosidis. Dua menit sebelum turun minum, Napoli menambah gol, lagi-lagi dicetak oleh Mertens, sehingga paruh pertama berakhir dengan skor 4-1 untuk tim tamu.

Pada paruh kedua, Napoli terus mengendalikan permainan. Alhasil, tiga gol tambahan berhasil mereka peroleh lewat Hamsik (menit ke-70 dan 74), sebelum ditutup gol Mertens pada menit ke-90.

Bagi Napoli, pesta gol ini merupakan pencapain terbaru sepanjang perjalanan mereka mengarungi Serie A. Sebab, dalam sejarah klub, belum pernah Napoli mencetak 6 gol atau lebih di luar kandangnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X