Pelatih Asing Timnas Indonesia Perlu Didampingi Sosok Lokal

Kompas.com - 09/01/2017, 06:06 WIB
Sejumlah mantan kapten tim nasiona Indonesia hadir di Kongres PSSI yang dilangsungkan di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu (8/1/2017). Jalu W Wirajati/Kompas.comSejumlah mantan kapten tim nasiona Indonesia hadir di Kongres PSSI yang dilangsungkan di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu (8/1/2017).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

BANDUNG, KOMPAS.com - Wacana PSSI menunjuk pelatih asing sebagai juru taktik tim nasional Indonesia turut dikomentari oleh Aji Santoso. Ia mengaku tidak mempermasalahkan rencana tersebut.

Saat ini, nama Luis Fernandez mencuat sebagai kandidat kuat pelatih timnas senior Indonesia. Fernandez adalah pelatih berkebangsaan Perancis. Legenda timnas Prancis dan Paris Saint-Germain ini terakhir kali menjadi pelatih timnas Guinea.

Nama lain yang masuk menjadi kandidat adalah Luis Milla. Mantan pemain Real Madrid itu pernah berjaya ketika menukangi tim junior Spanyol. 

Aji mengaku senang dengan itikad PSSI mendatangkan pelatih asing. Namun, dia juga berharap pelatih lokal mendampingi nama terpilih untuk membesut timnas. 

“Tidak masalah pelatih dari luar negeri. Akan tetapi, mereka juga harus membawa asisten dari dalam negeri. Tujuannya untuk transfer ilmu demi sepak bola Indonesia. Jadi, mereka tidak datang terus pergi,” tutur Aji, jelang Kongres PSSI di Hotel Aryaduta, Minggu (8/1/2017).

“Saya pikir kalau seperti ini sistemnya bisa punya dampak positif,” tambah sosok yang kini melatih Arema FC tersebut.

Sementara itu, terkait dengan pembinaan pelatih di Indonesia, Aji melihat PSSI sudah menyusun sebuah program berjenjang yang cukup baik.

“Saya lihat PSSI sudah menyusun langkah dengan bagus. Saya dapat info bahwa program lisensi pelatih akan diperbanyak. Bukan hanya untuk yang pemula, tetapi juga untuk A AFC. Kita harus apresiasi langkah ini,” terangnya. (Suci Rahayu)

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X