"Matikan" Iniesta, Salah Satu Cara Italia Tekuk Spanyol

Kompas.com - 27/06/2016, 04:16 WIB
Andres Iniesta menghadiri jumpa pers tim nasional Spanyol di Toulouse, 12 Juni 2016. HANDOUT/UEFA/AFPAndres Iniesta menghadiri jumpa pers tim nasional Spanyol di Toulouse, 12 Juni 2016.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

PARIS, KOMPAS.com - Italia disarankan untuk mematikan pergerakan Andres Iniesta (32) jika ingin mengalahkan Spanyol di babak 16 besar Piala Eropa 2016, di Stade de France, Paris, pada Senin (27/6/2016).

Saran itu dilontarkan oleh legenda sepak bola Italia era 1980-an, Claudio Gentile. Menurut dia, meredam sosok pemain kunci seperti Iniesta pernah dilakukannya saat berhadapan dengan Diego Maradona pada Piala Dunia 1982.

Kala itu, Gentile yang berposisi sebagai bek tengah, memang berhasil mematikan pergerakan Maradona. Cara tersebut juga dilakukan Gentile saat meladeni pemain andalan Brasil, Zico.

Gentile berharap para pemain Italia masa kini juga menerapkan hal serupa terhadap Iniesta. Pasalnya, selama ini Iniesta dikenal sebagai motor serangan Tim Matador, julukan tim nasional Spanyol.

"Spanyol kuat dalam serangan, sedangkan Italia solid di pertahanan. Bagi Spanyol, Iniesta bagaikan mesin karena bisa menentukan tempo permainan," ujar Gentile.

"Selama bertahun-tahun, Iniesta telah bermain di level atas, dan akan ideal jika Italia bisa menghentikan dia agar tak mendapatkan bola. Begitulah cara kami mengantisipasi Maradona dan Zico," tutur pria berusia 62 tahun itu.

Saran Gentile memang tak berlebihan. Sebab, jika mengacu kepada statistik Squawka, Iniesta merupakan salah satu pemain dengan jumlah operan sukses tertinggi pada fase grup Piala Eropa 2016, yakni sebanyak 262 operan.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X