Kompas.com - 27/05/2016, 17:41 WIB
Manajer anyar Manchester United, Jose Mourinho. LEON NEAL / AFPManajer anyar Manchester United, Jose Mourinho.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

MANCHESTER, KOMPAS.com - Publik Old Trafford sedang bersuka cita menyambut keputusan Manchester United mengangkat Jose Mourinho sebagai manajer pada Jumat (27/5/2016). Tetapi, ada sosok yang siap angkat kaki dengan keputusan ini.

Manajer asal Portugal tersebut resmi bertugas di Old Trafford setelah menandatangani kontrak selama 3 musim dengan opsi perpanjangan kontrak 1 tahun hingga 2020.

Di balik kegembiraan tersebut, ada satu sosok yang kecewa dengan penunjukkan Mourinho. Boleh dibilang dia akan kehilangan pekerjaannya. Sosok tersebut adalah Ryan Giggs, yang dalam 2 musim terakhir bertugas sebagai asisten pelatih di era Louis van Gaal.

Menurut Times, kecil kemungkinan bagi Giggs bertahan di Old Trafford meskipun sudah 29 tahun menetap di sana. Pasalnya, Mourinho akan membawa orang kepercayaannya termasuk Rui Faria yang selalu menjadi asisten manajer asal Portugal tersebut.

Jika benar Giggs hengkang, maka CEO Setan Merah, Ed Woodward, bakal menerima kritik. Sebelumnya, Woodward menjadi sorotan di balik keputusannya mengangkat David Moyes dan Louis van Gaal.

Namun pada kali ini, Woodward yakin tak salah pilih. "Mourinho benar-benar merupakan manajer terbaik saat ini. Dia sudah memenangi trofi dan menginspirasi banyak pemain di beberapa negara Eropa," kata Ed Woodward.

"Dia tentu saja sangat mengenal Premier League setelah meraih tiga gelar di sini," tutur dia.

Melatih Setan Merah merupakan periode ketiga dalam karier Mourinho di Inggris. Dia sebelumnya melatih Chelsea pada 2004 dan 2013.

Dalam periode kedua di Chelsea, Mourinho dipecat pada Desember 2015, setelah The Blues berada di peringkat ke-16 atau hanya unggul 1 poin dari zona degradasi.

Mourinho dijadwalkan melakoni laga perdana saat Manchester United melawan Borussia Dortmund pada pertandingan pramusim di China, 22 Juli 2016. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.