Kompas.com - 24/05/2014, 11:02 WIB
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
LONDON, KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) mengabulkan banding yang diajukan Asisten Manajer Chelsea, Rui Faria, atas sanksi skorsing enam pertandingan yang diterimanya pada 1 Mei 2014. Namun, FA tidak mengubah keputusan soal sanksi denda terhadap Faria, yang berjumlah 30.000 poundsterling atau sekitar Rp 586 juta.

Dengan perubahan tersebut, Faria menerima sanksi skorsing empat pertandingan, sementara sanksi skorsing dua pertandingan ditangguhkan selama 12 bulan. Sanksi skorsing dua pertandingan akan dijatuhkan jika dalam waktu 12 bulan itu Faria melakukan pelanggaran disiplin.

"Sebagian dari banding yang diajukan Rui Faria terhadap sanksi skorsing enam pertandingan dan denda 30.000 poundsterling, yang berkaitan dengan pertandingan melawan Sunderland, dikabulkan oleh Dewan Banding," ujar FA.

"Faria dijatuhi sanksi tersebut setelah ia mengaku menggunakan kata-kata tidak pantas kepada ofisial keempat dan bahwa perilakunya setelah wasit meminta meninggalkan area pertandingan dinilai sebagai tindakan tak pantas."

"Dewan Banding memutuskan bahwa dua laga terakhir dari sanksi enam pertandingan itu ditunda selama 12 bulan dan sanksi skors dua pertandingan itu hanya akan diterapkan jika terjadi terbukti terjadi pelanggaran terhadap peraturan FA E3 selama periode itu."

"Denda 30.000 poundsterling yang diterimanya pada sidang Komisi Regulasi Independen tidak berubah," demikian pernyataan FA.

Faria telah menjalani sanksi skors dua pertandingan, yaitu pada dua laga terakhir Premier League 2013-2014. Dengan begitu, ia akan absen pada dua laga pertama Premier League musim 2013-2014.

Faria dikenai sanksi skorsing dan denda itu karena tindakannya pada pertandingan Premier League antara Chelsea dan Sunderland, di Stamford Bridge, pada 19 April 2014.

Pada laga itu, Faria mengucapkan kata-kata tak pantas kepada ofisal keempat Phil Dowd. Atas tindakan itu, Faria diusir dari lapangan oleh wasit laga itu, Mike Dean. Faria dinilai sempat memprotes keras keputusan Dean tersebut.

FA kemudian menjatuhkan dakwaan melakukan tindakan tak pantas dan pada awal Mei 2014 menjatuhkan sanksi skors enam pertandingan dan denda 30.000 poundsterling kepada Faria. Faria mengajukan banding atas sanksi tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The FA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.