Kasus Anelka, West Brom Kehilangan Sponsor

Kompas.com - 21/01/2014, 02:13 WIB
Striker West Bromwich Albion, Nicolas Anelka, melakukan gerakan MIRRORStriker West Bromwich Albion, Nicolas Anelka, melakukan gerakan "quenelle" yang membuat sponsor klub marah.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
LONDON, Kompas.com - Situs properti Zoopla memutuskan untuk mengakhiri kerja sama sponsorship dengan klub Premier League West Bromwich Albion. Ini dilakukan menyusul gerak tubuh Nicolas Anelka yang diduga membuat gerakan anti-Semit dalam pertandingan Premier League bulan lalu.

Perusahaan mengatakan bahwa kesepakatan tidak dilanjutkan setelah akhir musim ini pada bulan Mei mendatang. Pernyataan tersebut menyusul laporan bahwa Zoopla akan menarik dana 3 juta poundsterling (sekitar Rp 58,747 miliar) yang telah menjadi kesepakatan kecuali bila West Brom tidak memainkan striker asal Perancis tersebut ketika melawan Everton pada Senin (20/1/2014) malam dan laga-laga selanjutnya.

Anelka membuat gerakan "quenelle" setelah mencetak gol ke gawang West Ham United pada laga yang berlangsung 28 Desember tahun lalu. Duel tersebut berakhir dengan skor imbang 3-3.

Quenelle, yang dipopulerkan oleh komedian Perancis Dieudonne, mengundang kecaman secara luas di tempat asal Anelka dan dari kalangan anti-rasial serta Yahudi di Inggris, yang meminta pemain tersebut dilarang bermain.

"Zoopla telah meninjau kembali posisinya selama beberapa pekan terakhir menyusul tindakan striker, Nicolas Anelka, dalam pertandingan melawan West Ham saat periode Natal dan telah memutuskan untuk fokus pada aktivitas pemasaran lainnya setelah musim ini," demikian pernyataan perusahaan, Senin (20/1).

Zoopla, perusahaan yang juga dimiliki pengusahaan Yahudi Alex Chesterman, telah menjadi sponsor utama klub tersebut pada 2012. Dari kesepakatan yang telah terjadi sebelum adanya kasus ini, kerja sama akan berlangsung hingga musim 2014/15.

Menurut Daily Mail, Zoopla telah meminta nama perusahaan tersebut dihapus dadri kostum Anelka jika sang pemain diturunkan dalam laga melawan Everton.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X