Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Garuda Muda" Bikin Bangga

Kompas.com - 20/11/2011, 03:24 WIB

Jakarta, Kompas - Kekecewaan akibat kalah 0-1 dari Malaysia di laga Grup A, Kamis lalu, terbayar. Tim Indonesia U-23 memuaskan pendukung di Stadion Gelora Bung Karno dengan kemenangan 2-0 atas Vietnam di babak semifinal, Sabtu (19/11).

Hasil ini mengantar Indonesia ke final. Malaysia kembali akan menjadi lawan Indonesia setelah menang tipis 1-0 atas Myanmar pada semifinal lainnya.

Pelatih Indonesia Rahmad Darmawan mengatakan, pemainnya tampil cukup baik dan menyuguhkan pertandingan yang menarik. Indonesia sengaja menerapkan pressing football karena pemain Vietnam kuat dalam penempatan posisi. ”Ini membutuhkan energi yang lebih. Secara umum, ini penampilan terbaik dan mudah-mudahan bukan klimaks,” kata Rahmad.

Rahmad juga menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap dukungan masyarakat Indonesia. Mudah-mudahan, lanjut dia, tim nasional bisa memberi kebanggaan yang diinginkan masyarakat Indonesia. ”Ya, kita minta doa dan dukungan,” kata Rahmad.

Indonesia tampil agresif sejak babak pertama. Melalui koor- dinasi permainan yang rapi serta serangan yang variatif, dan tekanan tinggi kepada lawan, Egi Melgiansyah dan kawan-kawan beberapa kali menciptakan peluang. Pada menit ke-19, tendangan bebas Egi dari luar kotak penalti meluncur deras ke gawang Vietnam. Namun, kiper Tran Buu Ngoc masih bisa menangkap bola cukup tenang.

Gempuran Patrich Wangai, Titus Bonai (Tibo), dan Oktovianus Maniani berkali-kali membuat Tran Buu Ngoc berjibaku. Pada menit ke-28, Ngoc terpaksa dirawat setelah terjatuh dalam perebutan bola. Akibatnya, pertandingan sempat terhenti sekitar lima menit. Satu peluang bagus dimiliki Tibo.

Umpan terobosan Andik Vermansyah sudah mengecoh pemain belakang Vietnam. Namun, sayang sprint Tibo masih kalah kencang dengan bek Vietnam.

Di babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan tekanan. Satu menit laga baru berjalan, Indonesia dapat peluang emas dari Tibo. Sayang, Tibo yang sudah menusuk sendirian dan berhadapan dengan kiper gagal menyarangkan bola karena tendangannya terlalu lemah. Peluang sama juga didapat Oktovianus Maniani pada menit ke-56. Lolos offside, Okto yang sudah berhadapan dengan kiper gagal menceploskan bola ke gawang.

Gol yang dinanti pendukung Indonesia akhirnya datang pada menit ke-60. Bola tembakan bebas kaki kiri Patrich dari luar kotak penalti gagal diblok penjaga gawang Vietnam. Bola datar menyusur tanah Patrich menembus pagar pemain Vietnam dan meluncur ke pojok kiri gawang.

Unggul satu gol, Indonesia tak menurunkan tempo permainan. Sementara pemain-pemain Vietnam mulai bermain terbuka untuk mencari peluang. Alih-alih mengejar ketinggalan, justru Indonesia menambah gol menit ke-88.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com