Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Timnas Indonesia dan Nasib Wakil Asia Tenggara di Putaran Ketiga Piala Dunia

KOMPAS.com - Timnas Indonesia akan mengikuti jejak sesama negara Asia Tenggara lain, Vietnam dan Thailand, dalam bertanding di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan format sekarang.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga Kualfiikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah finish sebagai runners up Irak di putaran kedua.

Merah Putih kini punya kesempatan untuk memenangkan jalur langsung ke Piala Dunia 2026 yang bakal bergulir di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Timnas Indonesia tergabung ke Grup C bersama dengan tiga negara yang langganan ke Piala Dunia: Jepang, Australia, dan Arab Saudi serta Bahrain dan China.

China merupakan lawan dengan peringkat FIFA paling rendah dari semua rival Garuda. Negeri Tirai Bambu duduk di posisi ke-88 sementara Garuda di peringkat ke-134.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia ini memang menjadi momok bagi negara-negara Asia Tenggara.

Lihat saja nasib Vietnam di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasukan Park Hang-seo yang digdaya di level Asia Tenggara harus mengakui ketangguhan lawan-lawan di grup tersebut.

Vietnam finish di peringkat buntut klasemen dengan hanya mengambil empat poin dari 10 pertandingan.

Sementara, Thailand menjadi wakil ASia Tenggara di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Timnas Indonesia sendiri tak bermain pada kualifikasi ini karena pembekuan PSSI oleh FIFA.

Thailand ketika itu juga tak kalah kesulitan dengan mereka hanya berhasil meraih dua kali hasil seri, hanya mencetak enam gol dan kebobolan 24 dalam grup yang juga berisikan Jepang, Arab Saudi, dan Australia.

Thailand hanya bisa menahan imbang Australia 2-2 dan Uni Emirat Arab 1-1 di Bangkok.

Hasil-hasil Vietnam dan Thailand ini tentu akan menjadi tolak ukur bagi pasukan Shin Tae-yong dan terutama ekspektasi publik untuk ronde laga kualifikasi yang akan dimulai pada September mendatang.

https://bola.kompas.com/read/2024/06/29/14445008/timnas-indonesia-dan-nasib-wakil-asia-tenggara-di-putaran-ketiga-piala-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke