Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reijnders: Menang Atas Romania, Dendam Kekalahan dari Austria Terbayarkan

Kompas.com - 03/07/2024, 10:05 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelandang timnas Belanda, Tijjani Reijnders, mengungkapkan kemenangan atas Romania merupakan pembalasan dendam tepat usai kekalahan dari Austria.

Belanda berhasil melaju ke babak perempat final, usai mengalahkan Romania 3-0 di babak 16 besar Euro 2024 pada Selasa (2/7/2024), di Munich Football Arena, Munich, Jerman.

Kemenangan Belanda atas Romania diperoleh atas kontribusi gol-gol yang dilesatkan oleh Cody Gakpo (20') dan Donyell Malen (83', 90+3').

Gakpo bergabung ke top skor sementara Euro dengan torehan tiga gol.

Menilik perjalanan Belanda di Grup D, mereka memperoleh kemenangan 2-1 atas Polandia, imbang 0-0 dengan Perancis, dan menelan kekalahan 2-3 dari Austria.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Menangis Gagal Penalti di Euro 2024, Ibnu Jamil: Padahal Gue Udah Bikin Tebak-tebakan

Kekalahan dari Austria, menempatkan Belanda di peringkat ketiga klasemen Grup D dengan empat poin. 

Beruntung bagi tim asuhan Ronald Koeman, di mana mereka lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat ketiga terbaik.

Hasil negatif setelah kekalahan dari Austria, terbayar lunas dalam pertandingan semalam.

 "Saya pikir kami telah membalas dendam untuk pertandingan terakhir (melawan Austria) dan menunjukkan kemampuan kami," ujar Reijnders, dikutip dari situs laman Euro.

"Kami sempat bertengkar di ruang ganti (setelah kekalahan tersebut), dan hari ini kami ingin menunjukkan level yang bisa kami capai. Itu adalah contoh yang bagus tentang apa yang bisa kami lakukan," ucapnya menambahkan.

Kekalahan dari Belanda, menggagalkan upaya Romania untuk mengulang pencapaian tertinggi mereka di gelaran Euro 2000. Saat itu, Romania berhasil melaju ke babak perempat final.

Juru taktik timnas Belanda, Ronald Koeman, memberikan satu catatan bagi timnya dari laga semalam. Catatan tersebut soal tempo terciptanya gol pertama dan kedua.

Gol kedua terjadi dalam tempo 63 menit sejak terciptanya gol pertama.

"Hari ini awal pertandingan berjalan sulit, namun kami akhirnya menemukan permainan kami dan menyebabkan mereka kesulitan," ujar Koeman.

Baca juga: Ketika Ronaldo Buka Jalan dan Beri Portugal Pelajaran di Euro 2024...

"Mungkin satu hal yang paling penting adalah terlalu lama untuk mencetak gol kedua. Kami menyebabkan masalah besar bagi Romania dengan serangan kami," jelas eks pelatih Barcelona itu.

Belanda akan menghadapi Turkiye di babak delapan besar. Kepastian tersebut didapatkan setelah Turkiye mengalahkan Austria dengan kedudukan akhir 2-1.

Pertandingan Belanda vs Turkiye akan berlangsung pada Sabtu (6/7/2024) atau Minggu (7/7/2024) dini hari WIB, di Olympiastadion, Berlin, Jerman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com