Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tebus Kegagalan di Piala AFF U23, Ernando Ingin Juara Piala Asia U23 demi STY

KOMPAS.com - Kiper timnas U23 Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi, ingin membayar kegagalan di Piala AFF dan memberikan gelar juara Piala Asia U23 2024 untuk Shin Tae-yong. 

Ernando mengagalkan dua tendangan penalti dalam laga Korea Selatan vs Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. 

Ia menepis sepakan penendang keenam Korea Selatan, Kang Sang-yoon. Indonesia sejatinya bisa mengunci kemenangan jika Arkhan Fikri mampu menuntaskan tugasnya. 

Akan tetapi, tembakan Arkhan justru melebar dari gawang. Adu penalti pun berlanjut sampai kedua kiper masing-masing turut menendang bola. 

Ernando lalu bisa membaca arah bola dari penendang ke-12 Korea Selatan, Lee Kang-hee, yang membuat skor bertahan 10-10. 

Situasi itu menjadi keuntungan besar bagi Indonesia. Pratama Arhan yang kembali maju ke titik putih sukses mengecoh kiper Korsel dan membawa Garuda Muda menang 11-10. 

Kegagalan mencetak gol penalti di Piala AFF U23 2023 pada Agustus tahun lalu ternyata menjadi motivasi besar bagi Ernando Ari. 

Ernando yang juga maju sebagai algojo saat mentas di final Piala AFF U23 2023 melawan Vietnam gagal menghasilkan gol usai tendangannya terbaca dan ditepis. 

Kegagalan itu membuat Indonesia kalah 5-6 dari Vietnam. Momen itu nyatanya masih membayangi Ernando.

Ia pun bertekad membayar kegagalan itu di Piala Asia U23 2024 dan ingin memberikan gelar juara untuk sang pelatih, Shin Tae-yong. 

"Saya bisa mengagalkan penalti (lawan) karena saya ingin membayar kegagalan di Piala AFF U23 2024," kata Ernando usai pertandingan.

"Saat itu saya gagal mencetak gol dan membuat coach Shin Tae-yong sedih. Sekarang saya ingin membayarnya, saya mau memberikan gelar juara untuk coach Shin Tae-yong," ucapnya. 

Kiper berusia 22 tahun itu juga mengungkapkan target besar Indonesia setelah berhasil melaju ke semifinal. 

"Saya ingin berterima kasih kepada Tuhan, keluarga saya, pelatih dan seluruh staf pelatih, serta rekan-rekan setim saya," ujar Ernando. 

"Saya hanya ingin mengatakan, kami melanjutkan perjuangan dan ini bukan akhir karena kami punya target besar. Kami ingin menjadi juara di sini," ucap pemain Persebaya Surabaya ini. 

Indonesia selanjutnya akan melawan pemenang laga Uzbekistan vs Arab Saudi. Adapun semifinal Piala Asia U23 2024 dijadwalkan berlangsung mulai Senin (29/4/2024). 

https://bola.kompas.com/read/2024/04/26/09101368/tebus-kegagalan-di-piala-aff-u23-ernando-ingin-juara-piala-asia-u23-demi-sty

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke