Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Alberto Rodriguez, Rasakan Degradasi lalu Bawa Persib ke Final

Kompas.com - 24/05/2024, 22:30 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bek Persib asal Spanyol, Alberto Rodriguez, krusial dalam kesuksesan tim menembus final Championship Series Liga 1 2023-2024

Leg pertama final Championship Series 2023-2024 antara Persib vs Madura United akan digelar Minggu (26/5/2024) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, pukul 19.00 WIB. 

Alberto Rodriguez yang datang ke Persib usai merasakan pahit terdegradasi, jelas berhasrat menutup musim debutnya di Indonesia dengan manis juara.

Kisah Alberto Rodriguez di Persib dimulai pada Juni 2023. Ketika itu, ia direkrut oleh pelatih Luis Milla yang ingin menambah amunisi asing di lini pertahanan demi mengatasi serangan cepat lawan. 

Setelah ditelusuri, Alberto merupakan pemain yang pada musim 2022-2023 gagal membawa timnya CD Lugo bertahan di LaLiga 2, kasta kedua Liga Spanyol. 

Baca juga: Tiket Final Liga 1 Persib Vs Madura United Ludes, Bojan Hodak Sampaikan Pesan Penting

Proses penyesuaian Alberto Rodriguez usai pindah negara tak semulus yang dikira. Awalnya, Alberto tampak kesulitan beradaptasi dengan Liga 1 Indonesia. 

Performanya pada awal musim sempat mengundang kritik dari Bobotoh, pendukung Persib. Bahkan, staf pelatih sempat mencadangkannya. 

Adaptasi semakin sulit karena pelatih yang memboyongnya, Luis Milla, mundur dari kursi pelatih Persib usai pekan ketiga Liga 1 2023-2024. 

Fakta bahwa Alberto Rodriguez hanya bisa berbahasa Spanyol menambah kerumitan dalam hal komunikasi dengan rekan-rekan satu tim.

Baca juga: Final Liga 1 2023-2024, Saatnya Persib Akhiri Dahaga Juara 10 Tahun

Alberto Rodriguez Martin dalam latihan Persib di Stadion Persib Sidolig Bandung. Alberto merupakan pemain asing yang didatangkan klub dari negara Spanyol atas rekomendasi pelatih Luis Milla. KOMPAS.com/Adil Nursalam Alberto Rodriguez Martin dalam latihan Persib di Stadion Persib Sidolig Bandung. Alberto merupakan pemain asing yang didatangkan klub dari negara Spanyol atas rekomendasi pelatih Luis Milla.

Namun, di tangan pelatih baru, Bojan Hodak, Alberto mampu tampil solid di lini pertahanan Persib bersama bek asal Belanda, Nick Kuipers. 

Baginya, final Championship Series Liga 1 2023-2024 merupakan pencapaian spesial mengingat sebelum datang ke Persib ia merasakan pahit degradasi ke kasta ketiga Spanyol bersama CD Lugo. 

“Saya sangat bersemangat untuk memainkan final ini di tahun pertama saya di sini bersama Persib, ini sangat spesial bagi saya,” kata Alberto. 

Ia tahu dirinya datang ke Liga Indonesia dengan membawa pengalaman buruk degradasi di Liga Spanyol. Namun, spirit pantang menyerah membawanya ke titik sekarang ini, mengantar Persib ke final Championship Series Liga 1 2023-2024. 

Baca juga: Jelang Final Championship Series Liga 1, Persib Disanksi Komdis

“Komentar saya adalah saya pantang menyerah dan saya selalu bekerja dengan disiplin dan banyak pengorbanan untuk mencapai yang terbaik bagi tim dan diri saya sendiri,” tuturnya. 

Untuk final, Alberto Rodriguez tak punya persiapan khusus. Hanya, ia merasakan motivasi yang berlipat ganda. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com