Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Irak, PPKGBK Pastikan Lapangan Tak Terganggu Usai Konser

Kompas.com - 24/05/2024, 07:46 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com -Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) memastikan kondisi lapangan tetap bagus menjelang laga Indonesia vs Irak

Duel Indonesia vs Irak pada Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (6/6/2024) pukul 16.00 WIB. 

Menjelang laga tersebut, GBK sempat digunakan untuk konser grup Korea Selatan, NCT Dream, pada 18 Mei 2024 yang dihadiri sekitar 40.000 penonton. 

Muncul kekhawatiran bahwa kondisi lapangan terganggu. Namun, PPKGBK menegaskan bahwa lapangan tetap bagus meski ada visual bekas tapak kaki. 

Baca juga: SUGBK Gelar Konser Jelang Laga Timnas, PSSI Periksa Kualitas Rumput

Saat konser berlangsung, pihak penyelenggara menggunakan penutup rumput berstandar internasional. 

Direktur Umum PPKGBK, Hadi Sulistia, menyebut bahwa pihaknya terus berkomitmen menjaga kualitas lapangan, sebagai bentuk dukungan kepada prestasi olahraga nasional.

“Sebagai bentuk dukungan manajemen terhadap prestasi olahraga nasional di mata dunia, kami akan terus berupaya dan berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas venue SUGBK hingga mencapai kondisi ideal sesuai standar yang diharapkan,” kata Hadi dikutip dari Antara.

PPKGBK menjelaskan, selesai konser penutup rumput dibuka dan langsung melakukan perawatan intensif sesuai standar operasi yang diterapkan. 

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Irak, di Balik Berubahnya Waktu Kickoff Laga

Panggung untuk konser juga dirancang di luar lapangan, sehingga tidak membebani rumput. Pengelolaan rumput dilakukan dengan komunikasi dan  masukan dari PSSI serta dukungan ahli rumput profesional. 

Proses pemeliharaan dilakukan dengan sangat detail  termasuk pengecekan warna daun, tingkat keasaman, pemupukan, penyiraman, hingga potensi hama dan penyakit.

Menurut PPKGBK, berdasarkan verifikasi PSSI sebelum konser NCT Dream, kondisi rumput sudah mendekati 80 persen lebih baik dibandingkan saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan Maret lalu. 

Dari berbagai upaya dan perbaikan yang telah dilakukan, PPKGBK mengharapkan kondisi rumput akan segera mencapai 80 persen dalam sepekan ke depan. Proses pemeliharaan akan terus dilakukan selama 24 jam setiap hari untuk mencapai kondisi ideal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com