Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Persebaya Vs Persipura: Takluk 0-2, Bajul Ijo Terancam Digusur Persib

KOMPAS.com - Persebaya Surabaya takluk 0-2 dari Persipura Jayapura pada pekan ke-23 Liga 1 2021-2022.

Laga Persebaya vs Persipura telah digelar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Minggu (6/2/2022) malam WIB.

Yevhen Bokhashvili menjadi momok bagi Bajul Ijo. Striker asal Ukraina itu mencetak semua gol Persipura ke gawang Persebaya, masing-masing pada menit ke-54 dan 66'.

Dengan kekalahan ini, Persebaya tak beranjak dari peringkat keempat klasemen Liga 1. Mereka mengoleksi 43 poin dari 23 laga.

Persebaya Surabaya malah terancam digusur oleh penghuni posisi kelima klasemen, Persib Bandung (43 poin).

Persib baru akan bermain malam ini melawan Bhayangkara FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta dengan jadwal kick-off pukul 20.45 WIB.

Jika Persib mendapat satu poin saja dari laga kontra Bhayangkara FC, Persebaya sudah pasti turun satu peringkat.

Sementara itu, dengan kemenangan ini, Persipura keluar dari zona degradasi. Tim Mutiara Hitam saat ini menempati posisi ke-15 klasemen dengan 21 poin dari 22 pertandingan.

Ulasan pertandingan

Persebaya Suabaya langsung menggebrak. Mereka sudah mengancam ketika laga baru berjalan tiga menit lewat tendangan bebas Marselino Ferdinan.

Marselino Ferdinan melepas sepakan keras dan mengarah ke gawang Persipura, tetapi bisa ditepis oleh Fitrul Dwi Rustapa.

Bola muntah gagal dimanfaatkan Ruy Arianto, padahal sang pemain sudah berada di depan mulut gawang lawan.

Semenit sebelumnya, Ruy Arianto sempat mendapat ruang tembak yang cukup terbuka, tetapi gagal dimanfaatkan karena sang pemain kurang sempurna dalam mengeksekusi bola.

Persebaya terus menyerang. Pada menit ke-13, Samsul Arif melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti usai melakukan kombinasi dengan Akbar Firmansyah.

Sayangnya, bola hasil sepakan Samsul Arif melenceng di sisi kiri gawang tim Mutiara Hitam.

Enam menit berselang, tendangan jarak jauh Muhammad Hidayat mengarah ke gawang Persipura, tetapi masih bisa dibendung Fitrul Dwi Rustapa.

Di sisi lain, Persipura bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-22, operan Takuya Matsunaga sampai ke kaki Yevhen Bokhashvili yang berdiri cukup bebas di depan kotak penalti lawan.

Dengan sekali tekukan, Bokhashvili langsung melepas tendangan kaki kiri jarak jauh. Sayang, upayanya masih jauh dari sasaran.

Tiga menit berselang, Ramiro Fergonzi leluasa melepas tembakan dari dalam kotak penalti Persebaya usai menerima umpan terobosan Matsunaga.

Akan tetapi, peluang Fergonzi urung berbuah karena kiper Ernando Ari melakukan penyelamatan gemilang untuk mecegah gawangnya dari kebobolan.

Tak lama setelah itu, giliran Takuya Matsunaga yang menebar ancaman. Pemain asal Jepang itu menembak bola dari dalam kotak penalti, tetapi masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Persebaya.

Tiga peluang beruntun Persipura cukup memukul mundur Persebaya. Tim Bajul Ijo terlihat sedikit tertekan dan mulai sulit mengembangkan permainan.

Persebaya baru bisa mengancam lagi pada menit ke-33 lewat tendangan bebas langsung Reva Adi Utama, itu pun masih melambung.

Empat menit berselang, Marselino Ferdinan melakukn gerakan untuk menipu pemain belakang Persipura, lalu melepas sepakan kaki kiri.

Namun, upaya pemain 17 tahun itu masih digagalkan oleh tiang gawang Persipura.

Pada menit ke-40, Marselino Ferdinan kembali bergerak di kotak penalti lawan dan mengakhiri aksinya dengan sepakan kaki kanan akurat.

Kali ini, upaya Marselino Ferdinan berhasil diamankan Fitrul Dwi Rustapa.

Kedua tim belum mampu mencetak gol hingga babak pertama berakhir. Skor sementara laga Persebaya vs Persipura adalah 0-0.

Memasuki babak kedua, Persebaya dan Persipura masih bermain terbuka dengan tempo cepat. 

Kedua tim kerap melepas tembakan dari luar kotak penalti utuk memecah kebuntuan, tetapi belum efektif.

Setelah peluang demi peluang berujung kegagalan, akhirnya ada gol yang tercipta pada menit ke-54. Adalah Persipura membuka keunggulan lebih dulu lewat aksi Yevhen Bokhashvili.

Setelah menerima umpan silang mendatar dari Ramiro Fergonzi, Bokhashvili langsung menyepak bola ke dalam gawang Persebaya dengan kaki kanan.

Kiper Persebaya Ernando Ari tidak memiliki waktu untuk mencegat bola karena sepakan Bokhashvili begitu deras.

Persebaya menambah tekanan setelah tertinggal. Namun, bukan gol yang mereka dapatkan. Gawang Persebaya malah kebobolan untuk kedua kali pada menit ke-66, lagi-lagi akibat gol Yevhen Bokhashvili.

Berawal dari sepakan roket Nelson Alom yang ditepis Ernando Ari, Bokhashvili bereaksi cepat dengan menyambar bola rebound dengan kaki kanan.

Ernando Ari yang sudah out of position, tak memiliki kesempatan untuk mencegah bola hasil sepakan Bokhashvili masuk ke gawangnya.

Setelah kebobolan dua gol, Persebaya sempat mengancam lewat tendangan jarak jauh Marselino Ferdinan. Namun, kiper Fitrul Dwi Rustapa masih terlalu tangguh.

Sisa waktu babak kedua dimanfaatkan Persebaya untuk terus menekan pertahanan Persipura. Namun, gol yang mereka harapkan tak kunjung hadir.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, Persebaya tak mampu membalas dua gol Persipura. Mereka pun menyerah 0-2 dari tim Mutiara Hitam.

Susunan pemain:

Persebaya (4-3-3): 21-Ernando Ari; 47-Arizky Wahyu, 4-Alie Sesay, 32-Rizky Ridho, 3-Reva Adi Utama; 13-Rachmat Irianto, 7-Marselino Ferdinan, 96-Muhammad Hidayat (66-Dicky Kurniawan 83'); 77-Ruy Arianto (31-Moch. Widi Syarief Hidayatullah 46'), 9-Samsul Arif (12-Rend Irwan 69'), 57-Akbar Firmansyah (23-Ady Setiawan 82')

Cadangan: 52-Andhika Ramadhani, 1-Davit Ariyanto, 72-I Gede Dida Diatmika, 23-Ady Setiawan, 66-Dicky Kurniawan, 14-Franc Rikhart Sokoy, 12-Rendi Irwan, 31-Moch. Widi Syarief Hidayatullah

Pelatih: Mustaqim (asisten pelatih)

Persipura (5-3-2): 1-Fitrul Dwi Rustapa; 21-Tinus Pae (32-Muhammad Tahir 90+1'), 14-Brian Fatari, 12-Nelson Alom (6-Fridolin Yoku 80'), 3-Donny Monim, 18-David Rumakiek; 17-Ferinando Pahabol, 34-Takuya Matsunaga, 7-Elisa Basna (98-Ricky Cawor 62'); 10-Yevhen Bokhashvili (25-Juscak Isir 80'), 19-Ramiro Fergonzi (13-Ian Louis Kabes 90+1')

Cadangan: 27-Dede Sulaiman, 28-Israel Wamiau, 32-Muhammad Tahir, 4-Ricardo Salampessy, 26-Wulf Horota, 6-Fridolin Yoku, 13-Ian Louis Kabes, 25-Juscak Isir, 15-Theo Fillo, 98-Ricky Cawor

Pelatih: Angel Alfredo Vera

https://bola.kompas.com/read/2022/02/06/20103848/hasil-persebaya-vs-persipura-takluk-0-2-bajul-ijo-terancam-digusur-persib

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke