Salin Artikel

Jika Poin AC Milan, Napoli, dan Juventus Sama, Apa yang Akan Terjadi?

KOMPAS.com - Perburuan pos empat besar Serie A yang berhadiah tiket ke Liga Champions musim depan berlangsung ramai. AC Milan, Napoli, dan Juventus berpotensi menutup musim dengan perolehan poin yang sama.

Sepasang tiket terakhir ke Liga Champions 2021-2022 akan diperebutkan oleh tiga tim, yakni AC Milan, Napoli, dan Juventus pada pekan ke-38 Serie A, kompetisi kasta teratas Liga Italia, musim 2020-2021.

AC Milan, Napoli, dan Juventus kini bersaing ketat menuju empat besar klasemen Serie A.

Dalam tabel klasemen Liga Italia, AC Milan (76 poin), Napoli (76), dan Juventus (75) beriringan di peringkat tiga hingga lima.

AC Milan dan Napoli punya keuntungan lantaran mereka memegang nasib di tangan masing-masing.

Apabila meraih kemenangan pada pekan pamungkas Liga Italia, AC Milan dan Napoli dipastikan menemani Inter Milan serta Atalanta sebagai wakil Italia di Liga Champions 2021-2022.

Sebagai informasi, AC Milan akan melakoni laga tandang ke rumah Atalanta, sementara Napoli menjamu Hellas Verona pada pekan ke-38 Serie A, Senin (24/5/2021) dini hari pukul 01.45 WIB.

Di lain sisi, Juventus perlu memantau hasil-hasil para pesaing sembari berupaya memastikan kemenangan di kandang Bologna, Stadion Renato Dall’Ara, pada waktu yang bersamaan.

Persaingan ketat AC Milan, Napoli, dan Juventus di papan klasemen bisa berujung kepada situasi yang unik, dengan ketiga tim menutup musim bermodal poin identik.

Jika AC Milan dan Napoli sama-sama tumbang pada pekan ke-38, sementara di Renato Dall’Ara Juventus membawa pulang hasil seri, maka poin ketiga tim akan sama, yakni 76.

Jika situasi tersebut terjadi, siapakah yang berhak menghuni empat besar?

Lega Serie A punya lima kriteria guna menentukan posisi tim yang berpoin serupa di klasemen.

5 faktor penentu tersebut secara berurutan adalah:

1. Poin yang didapat sebuah tim dalam duel langsung dengan rival bersangkutan
2. Selisih gol sebuah tim dalam duel langsung dengan rival bersangkutan
3. Jumlah selisih gol
4. Jumlah gol memasukkan
5. Undian

Nah, memakai ketentuan tersebut AC Milan sudah pasti lolos ke Liga Champions jika mengakhiri musim dengan poin serupa Napoli dan Juventus.

Hal ini bisa terjadi karena AC Milan mengantongi keunggulan head-to-head atas Napoli dan Juventus.

Dalam sepasang pertemuan dengan Napoli musim ini, AC Milan menang 3-1 saat bertandang, dan menelan kekalahan 0-1 kala ganti berstatus sebagai tuan rumah.

Soal duel dengan Juventus, AC Milan juga unggul tipis secara head-to-head. Kalah 1-3 pada duel perdana di Stadion San Siro, I Diavolo Rosso (Setan Merah), julukan AC Milan, membalas via kemenangan 3-0 di Stadion Allianz.

Sementara itu, Napoli mengantongi kans lebih besar untuk lolos ke Liga Champions andai mereka bermodal poin identik dengan Juventus pada akhir musim.

Secara head-to-head, sejatinya Napoli dan Juventus setara lantaran saling mengalahkan dan sama-sama mengemas dua gol.

Akan tetapi, Napoli saat ini punya modal keunggulan selisih gol.

Dalam aspek selisih gol, Napoli superior dengan keunggulan sembilan buah.

Menilik situasi tersebut, hasil seri memang masih bisa mengantarkan Juventus lolos ke Liga Champions, tetapi dengan syarat Napoli mesti menelan kekalahan minimal 10 gol dari Hellas Verona!

Sebuah kondisi yang terbilang nyaris mustahil meski sepak bola tak pernah lelah untuk memunculkan kejutan.

Karena itu, peluang Juventus lolos ke Liga Champions bisa dikatakan akan pupus jika mereka hanya menuai hasil seri di markas Bologna, sekalipun hitungan matematis berkata sebaliknya.

https://bola.kompas.com/read/2021/05/23/07100038/jika-poin-ac-milan-napoli-dan-juventus-sama-apa-yang-akan-terjadi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.