Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beppe Marotta Resmi Diangkat Jadi Presiden Inter Milan

Kompas.com - 04/06/2024, 15:13 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Giuseppe Marotta resmi diangkat sebagai Presiden Inter Milan. Ia dipilih oleh pemilik Il Nerazzurri, Oaktree.

Sebelum menjabat sebagai Presiden Inter Milan, Giuseppe "Beppe" Marotta menduduki pos CEO klub sejak 2018.

Bersama Marotta sebagai CEO, Inter Milan sukses menjuarai Liga Italia 2020-2021 dan 2023-2024.

Marotta resmi dilantik sebagai Presiden Inter Milan, menggantikan Steven Zhang, pada Selasa (4/6/2024).

“F.C. Internazionale Milano S.p.A.hari ini mengumumkan pengangkatan Giuseppe Marotta sebagai presiden baru dan komposisi anyar dewan direksi klub, yang akan dikonfirmasi dalam rapat pemegang Saham di Milano hari ini nanti,” demikian pernyataan resmi dari Inter Milan.

Baca juga: Inter Juara Serie A, Demonismo, dan Karya Master Transfer Marotta

Inter Milan saat ini dikelola oleh Oaktree Capital Management. Perusahaan tersebut mengambil alih klub beralias Il Nerazzurri pada 22 Mei 2024 setelah kepemilikan sebelumnya yang disokong Suning Group pimpinan Steven Zhang, gagal bayar pinjaman.

Suning tak bisa melunasi pinjaman tiga tahun bernilai hampir 400 juta euro (sekitar Rp 7 triliun) termasuk bunga, dari Oaktree. Alhasil, perubahan kepemilikan di tubuh Inter tak terhindarkan.

Oaktree beberapa waktu silam memastikan perubahan kepemilikan ini tak akan memengaruhi ambisi besar Inter untuk meraih hasil terbaik di kompetisi domestik maupun Eropa.

“Saya ingin berterima kasih kepada Oaktree atas kepercayaan yang mereka tunjukkan dengan memberi saya kesempatan untuk bekerja bersama mereka dan dewan,” kata Beppe Marotta dilansir dari Football Italia.

Baca juga: Jay Idzes Rangkul Ivan Cordoba, Sebut Inter, AC Milan, dan Juventus

“Pengangkatan ini merupakan pengakuan atas kerja luar biasa dari banyak orang yang telah menjalankan klub selama tiga tahun terakhir," ucap Marotta yang juga pernah mengisi pos eksekutif di Venezia dan Sampdoria.

"Saya bangga menjadi bagian dari Inter dan tetap berkomitmen seperti biasa untuk klub,” tutur pria 67 tahun yang sebelum bekerja di Nerazurri mengabdi selama delapan tahun buat Juventus.

Inter terhitung telah memenangkan lima trofi selama Marotta bekerja untuk klub sejak 2018 silam.

Selain dua gelar Serie A, Marotta juga membantu Il Nerazzurri meraih sepasang titel juara Coppa Italia pada 2021-2022 dan 2022-2023. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com