Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dortmund Vs Madrid: Aura Spesial El Real yang Bikin Lawan Ketakutan

Kompas.com - 01/06/2024, 14:00 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gareth Bale menyebut Real Madrid punya aura spesial yang membuat lawan ketakutan. Ia yakin Madrid akan membekuk Dortmund di final Liga Champions 2023-2024.

Hal ini dikemukakan Bale jelang laga final Liga Champions 2023-2024 antara Borussia Dortmund vs Real Madrid pada Sabtu (1/6/2024) atau Minggu dini hari WIB, di Stadion Wembley, Inggris.

Eks penyerang Los Blancos itu memiliki keyakinan tim asuhan Carlo Ancelotti bisa meraih gelar juara Liga Champions untuk ke-15 kalinya. 

“Saya masih menantikan hasil-hasil mereka, masih mencintai tim ini, masih mendukung mereka, seperti yang saya lakukan ketika saya masih muda," kata Bale, dikutip dari The Guardian. 

"Saya sepenuhnya mengharapkan Madrid untuk mengangkat trofi," ucap aktor krusial dalam keberhasilan Madrid meraih la decima alias titel juara Liga Champions ke-10 pada 2013-2014 silam.

"Mereka memahami tekanan yang ada dan tahu apa yang akan terjadi, dan itu adalah sebuah keuntungan besar," kata Bale menjelaskan.

Baca juga: Senjata Rahasia Ancelotti di Balik Real Madrid ke Final Liga Champions

Bale mengemukakan ada faktor pembeda yang memisahkan Real Madrid dengan klub-klub Eropa lain kala bermain di Liga Champions.

El Real punya DNA Liga Champions dan selalu mampu menimbulkan kecemasan buat tiap rival.

Madrid bak selalu mampu mendapatkan jalan keluar di situasi paling sulit sekalipun.

"Kami selalu menemukan cara untuk kembali ke dalam permainan dan memenangkannya. Ini adalah aura tersebut. Klub-klub lain saat ini dapat dikatakan bermain melawan logo (Madrid) itu dan belum tentu timnya," kata Bale.

"Ada momentum di belakangnya, Real Madrid dan Liga Champions. Tim-tim lain takut melawan Real Madrid dan itu adalah satu hal yang besar,” ujar Bale yang ikut mempersembahkan lima gelar juara Liga Champions buat Los Blancos.

Baca juga: Hasil Real Madrid Vs Real Betis 0-0, Perpisahan Emosional Toni Kroos

Pertandingan final Liga Champions 2023-2024 di Wembley mendatang akan menjadi hal yang istimewa bagi gelandang Madrid dan eks rekan setim Bale, Toni Kroos.

Final Liga Champions musim ini bakal menjadi laga terakhir Kroos bersama Real Madrid, sebelum memutuskan pensiun dari sepak bola selepas membela timnas Jerman di Euro 2024.

Kroos, kolektor empat titel juara Liga Champions, jadi pemain ketujuh yang mampu mencapai 150 pertandingan di kompetisi antarklub paling elite Benua Eropa ini.

“Ambisi saya adalah untuk selalu mengakhiri karier saya di puncak level performa saya," ujar Kroos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com