Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Borobudur Marathon 2024 Usung Tema "Run On, Mark It!", Target 10.000 Pelari

Kompas.com - 27/05/2024, 22:00 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 mengusung tema "Run On, Mark It!". Ajang lari akbar ini akan berlangsung pada 1 Desember 2024.

Borobudur Marathon 2024 menargetkan 10.000 peserta yang akan terbagi dalam empat kategori, yaitu Marathon, Half Marathon, 10K, dan 5K.

Borobudur Marathon akan berlangsung pada 1 Desember 2024, di Magelang, Jawa Tengah.

Rangkaian menuju perhelatan akbar ini resmi diluncurkan di Radjawali Semarang Cultural Center, Semarang, pada Senin (27/5/2024).

Peluncuran acara lari ini dihadiri 200 peserta yang terdiri dari komunitas lari beserta awak media.

Tema "Run On, Mark It" dipakai untuk mengajak para pelari dari seluruh Indonesia dan luar negeri untuk menembus batas, menunjukkan determinasi, melengkapi perjalanan lari mereka, dan meninggalkan jejak serta legasi di Borobudur Marathon.

Baca juga: Run The City Makassar, Persiapan Menuju Monas Half Marathon Jakarta

Dalam acara peluncuran yang berlangsung di Semarang, hadir  Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Plt. Direktur Utama Bank Jateng, Irianto Harko Saputro, Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An, dan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Adi Prinantyo.

Hadir juga secara daring dalam kesempatan itu Direktur Bisnis Harian Kompas, Lukminto Wibowo, perwakilan pelari elite dan young talent, serta Sekjen PB PASI Tigor Tanjung.

Momen peluncuran Borobudur Marathon 2024 di Semarang pada 27 Mei 2024. Borobudur Marathon 2024 akan digelar pada 1 Desember 2024.Dok. Borobudur Marathon 2024 Momen peluncuran Borobudur Marathon 2024 di Semarang pada 27 Mei 2024. Borobudur Marathon 2024 akan digelar pada 1 Desember 2024.

Nana berpendapat Borobudur Marathon bisa memberikan dampak yang positif bagi pelari serta bagi Jawa Tengah.

“Saya yakin semangat ini akan diwujudkan oleh para pelari Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 dan membawa dampak positif bagi Jawa Tengah," kata Nana.

Sementara itu, Irianto Harko memiliki pandangan event marathon ini bisa berdampak pada sektor perekonomian masyarakat setempat.

Baca juga: Gelar Jakarta International Marathon 2024, BTN Siapkan Total Hadiah Rp 3 Miliar

Irianto mengungkapkan, pada edisi 2024, UMKM yang dilibatkan akan diperluas serta mengadakan program akselerasi bagi para pelaku sektor usaha lainnya.

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk memeriahkan acara yang berlangsung pada Desember mendatang.

Adapun Borobudur Marathon telah 8 tahun berlangsung dan kini menuju satu dekade.

“Banyak hal menarik yang telah dipersiapkan,seperti kegiatan The Tour, The Big Tour, program Bank Jateng Pawone untuk UMKM, program 'Bank Jateng Young Talent 10K' untuk atlet muda," tutur Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Adi Prinantyo.

"Hadirnya World Athletic Label di tahun ini menandakan kualitas penyelenggaraan yang lebih baik. Saya yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang sukses dan membanggakan Indonesia," jelasnya.

Salah satu pelari Borobudur Marathon 2022, Nurshodiq, menilai acara ini memberikan pengalaman indah, melalui rute, suasana, dan masyarakat Magelang.

"Saya sudah tidak sabar untuk kembali berlari di Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 dan menorehkan prestasi yang lebih baik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com