Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fakta Laga Borneo FC vs Madura United, Masih Ada Kesempatan untuk Pesut Etam

Kompas.com - 19/05/2024, 17:07 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com Borneo FC dan Madura United akan berjuang mati-matian demi bisa lolos ke final  Championship Series Liga 1 2023-2024 pada laga leg kedua yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu (19/5/2024) malam.

Sebagai tuan rumah, Borneo FC tentu tidak akan membuang begitu saja kesempatan ini.

Apalagi, performa tim musim ini cukup impresif dibandingkan sebelum-sebelumnya dan Stefano Lilipaly cs telah menyandang status sebagai juara Regular Series.

Sejumlah fakta jelang laga Borneo FC vs Madura United yang telah dirangkum oleh Kompas.com: 

1. Borneo FC Bertekad Bangkit

Borneo FC sudah melewati enam laga terakhir (termasuk di babak Regular Series) tanpa kemenangan. Tentu, para pemain ingin mengakhiri rentetan hasil buruk tersebut kala menghadapi Madura United di pertandingan leg kedua Championship Series ini.

Baca juga: Borneo FC Siap Balas Dendam demi Kawinkan Gelar Liga 1 2023-2024

Jika ditarik ke belakang, terakhir kali Borneo FC mengamankan kemenangan adalah saat berhadapan dengan PSS Sleman pada pekan ke-29 , tepatnya pada 14 Maret 2024.

Setelah itu, mereka melewati enam laga terakhir dengan catatan sekali seri dan lima kali kalah.

Termasuk di rentetan tersebut adalah dua kekalahan dari Madura United di babak Regular Series dan leg pertama Championship Series.

2. Dihantui Catatan Buruk di Stadion Batakan

Jarak Stadion Batakan yang ada di Kota Balikpapan tidak terlalu jauh dengan Kota Samarinda membuat Borneo FC tetap mendapatkan dukungan penuh dari suporter.

Tetapi, stadion yang menjadi homebase Persiba Balikpapan ini justru meninggalkan catatan buruk bagi tim saat berhadapan dengan Madura United.

Baca juga: 3 Fakta Kemenangan Madura United atas Borneo FC di Championship Series Liga 1

Pada pekan ke-31 Liga 1 2023-2024, secara mengejutkan Borneo FC justru kalah telak dari Madura United dengan skor 0-4 dan mengakhiri rekor tak terkalahkan selama 19 laga.

Hasil buruk tersebut tentu bakal menjadi pelajaran berharga bagi Pieter Huistra agar hal serupa tidak kembali terulang di laga leg kedua. Apalagi, saat ini Borneo FC tertinggal agregat 0-1 dari lawannya itu.

Pemain Madura United Dalberto Belo dijaga pemain Borneo FC Silverio saat laga leg pertama babak Championship Series Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (15/5/2024) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Madura United Dalberto Belo dijaga pemain Borneo FC Silverio saat laga leg pertama babak Championship Series Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (15/5/2024) malam.

3. Gawang Borneo FC Tak Pernah Cleansheet dalam Enam Laga Terakhir

Penampilan lini pertahanan Borneo FC dalam beberapa laga terakhir juga mendapat sorotan, jauh dari kata memuaskan.

Dikomandoi bek tangguh seperti Silverio Silva dkk, lini pertahanan tim justru terlihat rapuh dan tidak mencatatkan cleansheet dalam enam laga terakhir.

Gawang Borneo FC sudah kebobolan sebanyak 10 kali, tentu hal itu menjadi catatan buruk bagi tim yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat juara musim ini.

Jika penampilan lini pertahanan tidak berbenah, bukan tidak mungkin Madura United bakal kembali mencuri hasil positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com