Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VAR Siap di Championship Series, Apresiasi demi Fair Play

Kompas.com - 12/05/2024, 11:03 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) tengah mempersiapkan video assistant referee (VAR) untuk Championship Series Liga 1 2023-2024.

Kabar ini menjadi angin segar bagi Madura United yang mendambakan dan mendorong kompetisi yang sehat di Indonesia.

PT LIB sudah menugasi tim inspeksi ke stadion-stadion venue pertandingan Championship Series yang akan dilaksanakan dengan format home dan away.

Inspeksi ini dilakukan untuk melihat kesiapan sarana-prasarana untuk penerapan VAR, seperti ketersediaan ruangan khusus, kelistrikan, dan keamanan.

Baca juga: VAR Mobile Meluncur Ke Arena Championship Series, Teknologi Baru Liga 1

CEO Madura United Annisa Zhafarina Qosasi mengatakan, teknologi pembantu wasit VAR memang dibutuhkan. Bukan hanya untuk partai empat besar atau Championship Series, melainkan juga untuk penunjang Liga Indonesia secara keseluruhan.

"Kita bisa melihat betapa pentingnya VAR di negara lain, termasuk di AFC, pertandingan ASEAN, dan FIFA juga," katanya kepada Kompas.com.

Baca juga: Respons Pemain Persib Usai Ikuti Kelas VAR Liga 1

PT LIB dan PSSI sebenarnya sudah mengagendakan penerapan VAR pada putaran kedua Liga 1 2023-2024 bulan Februari. Rencana ini sudah digaungkan sejak bulan Juni 2023 oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang diamini oleh Dirut PT LIB Ferry Paulus.

Namun, kemudian ditunda pada saat-saat terakhir karena terkendala masalah kesiapan wasit dan lisensi. Padahal, disebutkan sudah ada 15 VAR yang sudah dibeli dan siap digunakan.

Kemudian, diputuskan bahwa penerapan VAR ditunda ke Championship Series Liga 1 2023-2024.

Meskipun penuh drama dan lika-liku, Annisa Zhafarina Qosasi tetap mengapresiasi konsistensi semua pihak untuk mewujudkan VAR di Liga Indonesia.

"Jadi, ya kita senang mulai ada perkembangan dari pihak LIB dan PSSI untuk sepak bola lebih naik lagi sehingga pertandingan lebih seru dan fairplay," katanya.

Di sisi lain, Madura United sendiri sudah menjalani jadwal inspeksi oleh LIB pada Kamis (2/5/2024) di Stadion Gelora Bangkalan.

Baca juga: Persib Dapat Sosialisasi Penerapan VAR untuk Championship Series Liga 1

Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini sebenarnya mendaftarkan dua stadion, satu lainnya adalah Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan. Namun, sejak pekan ke-6, tim besutan Mauricio Souza tersebut memutuskan berkandang di Stadion Gelora Bangkalan.

Untuk Championship Series Liga 1 2023-2024 ini, Madura United akan menghadapi Borneo FC. Leg pertama akan dilakukan di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (15/5/2024) mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com