Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

STY Pimpin "Keajaiban Indonesia", Mau Beri Bukti di Piala Asia U23

Kompas.com - 12/04/2024, 05:00 WIB
Ahmad Zilky,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Shin Tae-yong tengah memimpin timnas Indonesia untuk membuat keajaiban. Ia kini bakal memberikan pembuktian di Piala Asia U23 2024.

Shin Tae-yong pernah membuat fenomena yang disebut "Keajaiban Kazan" saat membawa Korea Selatan menang atas Jerman di Piala Dunia 2018.

Saat itu, keberhasilan Korea Selatan besutan STY mengalahkan Jerman, yang berstatus juara bertahan, di Piala Dunia 2018 menyedot perhatian publik sepak bola.

Walau demikian, Korea Selatan terhenti di babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 seusai bercokol di peringkat ketiga klasemen Grup F.

Kini, magi Shin Tae-yong tengah dirasakan timnas Indonesia. Tangan dingin STY berhasil membuat skuad Garuda berkembang pesat.

Baca juga: Upaya Keras agar Justin Hubner Bisa Bergabung dengan Timnas U23

Selama melatih timnas Indonesia, pelatih berumur 53 tahun itu telah menciptakan beragam sejarah apik.

Juru racik asal Korea Selatan itu menjadi pelatih pertama yang membawa tiga kelompok umur timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia.

STY juga mampu mengemas sejarah sebagai satu-satunya pelatih yang membawa timnas Indonesia menembus 16 besar Piala Asia. Prestasi itu terjadi pada Piala Asia 2023 Qatar.

Selain itu, kemampuan STY membawa timnas Indonesia mengakhiri tren negatif tak pernah menang di markas Vietnam selama 20 tahun.

Rekor buruk tersebut putus usai timnas Indonesia menang 3-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Shin Tae-yong, pelatih berkebangsaan Korea Selatan, mengakui tak mudah untuk membangun sepak bola Indonesia.

Baca juga: Respons Erick Thohir soal STY Bawa Timnas U23 Indonesia Menang atas UEA

Menurut Shin Tae-yong, mulanya pemain-pemain timnas Indonesia kurang disiplin, berbeda dengan di Korea Selatan.

“Para pemain di sini agak santai. Ketika pemain Korea ke tempat latihan, mereka bersiap-siap dan keluar lapangan dalam 2-3 menit,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari Sedaily.

“Namun, pemain-pemain di Indonesia berbicara satu sama lain sambil mengikat tali sepatu meski manajer dan pelatih ada di sana (lapangan).”

“Setelah itu, mereka bakal keluar beberapa menit kemudian,” ucap STY yang didapuk menjadi pelatih timnas Indonesia sejak 2019.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com